Pagoda Tian Ti terletak di Jalan Sukolilo, no 100, Sukulilo Baru, Bulak, Surabaya diresmikan secara bersamaan dengan Tiong Chiu Pia pada tangga 21 September 2010 lalu. Arti dari Tian Ti sendiri yaitu langit bumi atau istilah asingnya adalah sky world.

Pagoda yang satu ini adalah salah satu ikon dari Kenjeran Park, dan telah menjelma sebagai magnet pembawa atmosfer eksotis yang mampu menarik perhatian banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk mengunjunginya bersama sewa mobil Surabaya.
Masih ingin tahu banyak? Mari intip rangkaian fakta menariknya di bawah ini.

Asal Muasal Pagoda Tian Ti

Pagoda Tian Ti sebenarnya terinspirasi dari Temple of Heaven yang terdapat di Beijing yaitu Pagoda Tian Tan. Dimana pagoda tersebut setiap harinya selalu ramai dikunjungi oleh banyak turis dari berbagai penjuru dunia.
Awal pagoda ini terbentuk adalah karena sang pemilik Pak Soetadji Yudho melihat ada lahan yang cukup luas di sekitar pantai dan hutan bakau. Beliau akhirnya menggunakan lahan tersebut demi mewujudkan impiannya untuk membuat sebuah Pagoda megah. Menurut beliau, membangun pagoda ini adalah bagian dari cita-citanya yang sedari awal memang ingin melestarikan budaya Tionghoa supaya dapat diapresiasi oleh banyak orang.

Baca Yuk:  Sewa Mobil Innova Reborn Surabaya Sidoarjo Gresik Malang Kediri Agustus 2024

Pada pagoda ini, Pak Soetiadji Yudho juga menyisipkan konsep yinyang dan fengsui yang merupakan lambang dari keseimbangan. Bahkan, ada juga simbol kerajaan yaitu lima buah naga sebagai lambang dari pilar bangunan dan empat penjuru mata angin. Beda halnya dengan Pagoda Tian Tan yang tidak boleh dimasuki oleh sembarang orang karena merupakan cagar budaya yang dilindungi negara, maka Pagoda Tian Ti ini bebas dimasuki oleh siapapun.

Keunikan Pagoda Tian Tai

Pagoda Tian Tai berdiameter 60 m dan memiliki ketinggian 58 m. Ukuran pagoda di Kenpark ini dibentuk sama persis seperti kembarannya di Beijing, baik dari segi warna, ukiran, ornamen maupun aksesorisnya.
Jika kontruksi bangunan Pagoda Tian Tan terbuat dari kayu, maka Pagoda ini berbeda sendiri yaitu dibuat dari bahan baja supaya lebih kuat dan kokoh. Bentuknya sendiri adalah bundar dan terdiri atas tiga tingkat warna yang konon makna menurut pemiliknya merupakan gambaran dari nirwana. Sementara bagian lainnya yang berbentuk persegi memiliki makna gambaran unsur-unsur duniawi.

Baca Yuk:  Sewa Mobil Innova Reborn Surabaya Sidoarjo Gresik Malang Kediri Agustus 2024

Saat memasuki pintu gerbang pagoda, Anda akan melihat hiasan motif bulatan-bulatan timbul berwarna keemasan yang sangat indah. Jumlahnya sendiri ada 81 buah, 9 horizontal dan 9 vertikal. Tidak hanya itu, disematkan pula relief bangunan berupa naga dan juga burung phoenix yang menjadi simbol kerajaan sebagai adaptasi dari nilai-nilai kebudayaan Tionghoa.

Fasilitas di Pagoda Tian Ti

Di sekitar pagoda, Anda akan menemukan tempat penginapan dan juga para pedagang yang menjual berbagai makanan laut, seperti kerupuk ikan, ikan bakar, kerupuk terung dan lain sebagainya.

Karena di area Kya-Kya Side terdapat banyak sekali lampion yang bergelantungan, para pengunjung juga dapat menikmati makanan di sana sambil diselimuti suasana nyaman yang terasa begitu eksotis.
Menarik sekali? Bagi Anda yang datang dari luar Kota Surabaya dan tidak membawa kendaraan pribadi sendiri, supaya lebih nyaman dan leluasa menuju lokasi Pagoda Tian Ti atau objek wisata lain, sebaiknya menggunakan jasa sewa mobil Surabaya saja. Untuk pemesanan dan informasi lebih lengkap anda bisa mengakses http://sewamobil-surabaya.net/ yang merupakan Prioritas Sarana Transport Surabaya, reservasi 24 jam, telepon: 081.332.855.252.

Baca Yuk:  Sewa Mobil Innova Reborn Surabaya Sidoarjo Gresik Malang Kediri Agustus 2024