Patung Budha 4 Rupa merupakan sebuah patung megah yang terdapat di salah sudut Pantai Ria Kanjeran. Pembangunan untuk patung ini sendiri dimulai sejak Juli tahun 2003, kemudian diresmikan satu tahun setelahnya pada tanggal 9 November tahun 2004. Ide pembuatan patung ini sendiri terinsipirasi dari patung Budha dengan konsep yang sama seperti yang ada di Bangkok yaitu Patung Thao Maha Brama.

Selain hobi pemiliknya, patung ini memang dibuat supaya para pengunjung yang ingin menikmati keindahan dan kemegahan patung budha 4 wajah, tidak perlu menghabiskan banyak biaya dan pergi ke Bangkok karena mereka bisa menemukannya dengan mudah di Indonesia. Mulya, sekali bukan?

Karena kemegahannya tersebut, patung ini pun meraih rekor MURI sebagai patung tertinggi yang ada di Indonesia. Anda bisa melihatnya dengan tranportasi sewa mobil Surabaya yang bisa mengantarkan ke tempat wisata.

Fakta Unik Patung Budha 4 Rupa

Patung Budha 4 Rupa memakan lahan seluas 1,5 hektar. Bangunan utamanya berukuran 9 x 9 meter dan kubahnya mencapai ukuran 36 meter. Pihak pengelola di sana menyebutkan angka 9 tersebut diambil karena mengacu pada kepercayaan simbol kesempurnaan.

Baca Yuk:  Sewa Mobil Innova Reborn Surabaya Sidoarjo Gresik Malang Kediri Agustus 2024

Bangunan ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu stupa, patung dan singgasana yang dikeliling oleh 4 pilar berwarna emas. Pada bagian atas stupa juga telah dilengkapi dengan penangkal petir

Empat wajah yang terdapat pada patung pada dasarnya mewakili empat sifat baik Sang Budha yaitu murah hati, pengasih, adil dan juga meditasi. Selain itu, keempat wajah tersebut juga melambangkan wajah perdamaian dan kesehatan, wajah keberuntungan, wajah hubungan baik dan wajah perlindungan terhadap kejahatan.

Tidak hanya itu, patung ini juga memiliki delapan tangan yang melambangkan kekuatan agung dari Sang Budha. Masing-masing tangan memegang benda-benda yang berbeda satu sama lain, ada yang memegang tasbih, tongkat kebesaran, cakram dan ada juga yang membawa kitab suci, teratai dan keran.

Di samping melihat Patung Budha 4 Rupa, Anda juga bisa melihat 4 patung gajah putih, patung ganesha, ruang meditasi, serta kolam ikan yang dihiasi dengan bunga- bunga teratai.

Baca Yuk:  Sewa Mobil Innova Reborn Surabaya Sidoarjo Gresik Malang Kediri Agustus 2024

Penerangan lokasi ini pun telah dilengkapi dengan lampu penerangan sebanyak 12 lampu yang terbuat dari tembaga dan perunggu.

Berlapiskan Emas Murni 22 Karat

Salah satu hal yang menjadikan Patung Budha 4 Rupa ini sangat luar biasa adalah karena keseluruhan kulitnya dilapisi dengan kertas emas yang diimpor langsung dari Thailand. Emas yang digunakan pun tidaklah main-main yaitu 22 karat emas murni. Menurut pengelolanya, total dana yang dikucurkan untuk pembuatan patung ini adalah 4 miliar rupiah.

Nah, untuk pelapisan emasnya sendiri dana yang digunakan adalah 1,5 miliar, sehingga karena terbuat dari emas, patung ini akan tetap tampak berkilau meski Anda melihatnya pada malam hari.

Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dapat melihat patung dari jarak dekat. Selain itu pengunjung pun diperbolehkan untuk memotretnya jika ingin berfoto bersama patung sebagai background-nya.

Baca Yuk:  Sewa Mobil Innova Reborn Surabaya Sidoarjo Gresik Malang Kediri Agustus 2024

Oh, ya untuk jam operasionalnya sendiri adalah buka setiap hari dari jam 08.00 pagi dan tutup jam 17.00 sore.

Bagaimana dengan Akses Lokasinya?

Akses lokasi Patung Budha 4 Rupa sangatlah bagus. Sebari menuju lokasi, Anda akan disuguhkan nuansa keramaian khas Surabaya. Wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi biasanya menggunakan jasa sewa mobil Surabaya. Selain lebih nyaman, Anda bebas memilih jenis mobil sesuai yang diinginkan. Jika tertarik Anda bisa menggunakan Prioritas Sarana Transport Surabaya, reservasi 24 jam, telepon: 081.332.855.252 atau http://sewamobil-surabaya.net/ untuk melakukan pemesanan.