Apa saja dampak penggunaan AC berlebihan?

Jika sedang bepergian dengan menggunakan mobil dan menyalakan AC itu sah –  sah saja, karena memang suhu panas bisa saja membuat daya konsentrasi kita dalam menyetir jadi berkurang, selain itu pada saat menyetir atau pada saat berada dalam mobil tentunya kita membutuhkan suasana yang aman, sejuk sehingga kenyamanan kita tetap terjaga.

AC menyala normal

AC menyala normal

Pada dasarnya AC merupakan sebuah kebutuhan yang mendasar bagi kita. AC tidak hanya digunakan untuk keperluan pendingin dalam mobil saja, tetapi fungsinya juga sebagai pengatur suhu. Tetapi yang sering kita tidak perhatikan  adalah pengaturan suhu AC tersebut dalam mobil kita.

Menggunakan AC secara berlebihan akan mendatangkan dampak buruk. Seringkali karena alasan udara sangat panas, ada orang yang langsung mengecilkan suhu AC dalam mobil  sekecil mungkin hingga mobil suhunya benar – benar dingin maksimal. Nah jika AC terbiasa bekerja keras seperti ini, apa saja dampaknya?

Baca Yuk:  Sewa Mobil Innova Reborn Surabaya Sidoarjo Gresik Malang Kediri Agustus 2024

1. Bahan bakar menjadi boros.

Dampak penggunaan AC mobil berlebihan yang pertama ialah mobil boros bbm. Apabila menggunakan AC dalam mobil secara berlebihan, maka secara tidak sadar sudah melakukan pemborosan pada bahan bakar, karena pada umumnya jika anda menggunakan suhu AC yang sangat kecil dalam mobil, maka bahan bakar juga akan drastis habisnya.

2. Gangguan Paru –  paru.

Dampak penggunaan AC mobil berlebihan yang kedua ialah gangguan paru – paru. Tanpa disadari penggunaan AC yang berlebihan juga akan berdampak buruk pada paru –  paru orang yang ada di dalam mobil (dikutip dari situs Halodoc). Hal ini akan langsung terasa bagi mereka yang mengalami ganguan pernapasan seperti asma. Karena itu jangan membawa seorang yang mengalami gangguan pernapasan menggunakan AC mobil anda secara berlebihan.

Baca Yuk:  Sewa Mobil Innova Reborn Surabaya Sidoarjo Gresik Malang Kediri Agustus 2024

3. Dapat mengurangi tenaga kendaraan.

Dampak penggunaan AC mobil berlebihan yang ketiga ialah tenaga mesin ngempos, mobil menjadi kurang bertenaga. Bagi kendaaran seperti mobil, penggunaan AC yang berlebihan bisa mengakibatkan hal buruk pada performa mesin mobil tersebut. Tenaga mobil akan berkurang, hal ini diakibatkan oleh penggunaan AC yang berlebihan sehingga mesin mobil anda cepat panas.

4. Merusak Ozon.

Bagi kebaikan lingkungan bumi kita secara keseluruhan, CFC yang dihasilkan oleh penggunaan AC dapat mengakibatkan lapisan ozon yang ada di atmosfer bumi kita menjadi berlubang. Jika sudah berada dalam kondisi seperti ini, lapisan ozon tersebut akan kehilangan fungsi utamanya yaitu sebagai penangkal bahaya sinar ultraviolet yang membahayakan tubuh kita.

Baca Yuk:  Sewa Mobil Innova Reborn Surabaya Sidoarjo Gresik Malang Kediri Agustus 2024

Mengingat banyaknya hal buruk dari penggunaan AC yang berlebihan dalam mobil, Prioritas sarana transport Surabaya memberikan tips – tips agar tetap sehat khususnya bagi para pengguna jasa sewa mobil ini. Dan tentu saja pelayanan yang terbaik agar para penggunanya selalu dalam kondisi sehat. Jadi pastikan sewa mobilnya di Prioritas sarana transport saja agar lebih aman dan sehat. 😁


Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »