cara merawat ban mobil sendiri.

Cara merawat ban mobil yang baik adalah hal yang harus diketahui karena ban merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting dan rentan rusak. Perawatan ban mobil yang baik mempengaruhi kenyamanan berkendara, mencegah terjadinya masalah dalam perjalanan dan mengurangi resiko kecelakaan. Simak berikut beberapa tips perawatannya:

Pemeriksaan rutin. Pemeriksaan rutin menjadi salah satu cara merawat ban dengan tepat. Pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat apakah ban mobil masih layak pakai atau harus diganti dengan yang baru.
Pemeriksaan bisa dilakukan sendiri, bisa juga ke bengkel. Cara paling mudah adalah dengan mengeceknya secara visual. Apabila terdapat benjolan atau sayatan pada ban, maka sebaiknya ganti dengan yang baru.

cara merawat ban

cara merawat ban

Periksa tekanan angin. Pada setiap jenis dan tipe ban tentu memiliki spesifikasinya tersendiri, baik dari ukuran maupun tekanan angin yang mampu ditampung. Karena itu, sebelum melakukan pengisian angin, maka pastikan untuk mengetahui batas maksimal tekanan ban mobil yang bisa digunakan. Tekanan ban mobil yang tepat akan membuat kinerjanya menjadi sesuai dengan ketentuannya. Cara mengetahui ukuran tekanan angin yang tepat bisa dilihat di tabel ukuran angin kendaraan.

Baca Yuk:  Sewa Mobil Innova Reborn Surabaya Sidoarjo Gresik Malang Kediri Agustus 2024

Rotasi ban mobil. Caranya yakni dengan melakukan pemindahan ban depan ke belakang. Hal ini perlu dilakukan mengingat ban depan biasanya akan lebih cepat aus atau botak.

Selalu pasang tutup pentil. Cara sederhana ini juga perlu diperhatikan. Pastikan tutup pentil ban sudah terpasang dengan baik. Sebab, ketika lupa menutup kembali pentil ban, maka mungkin akan menyebabkan kebocoran dan membuat tekanan angin berkurang.

Gunakan ban sesuai spesifikasinya. Pastikan selalu menggunakan ban sesuai dengan ukuran dan tipenya. Dengan cara ini, tidak hanya keamanan dan kenyamanan yang didapat, namun juga akan menghemat biaya.

Prioritas sarana transport Surabaya memberikan cara – cara menarik seputar perawatan kendaraan. Selain itu menyediakan juga jasa sewa mobil yang nyaman dan aman untuk anda. Silahkan kunjungi situsnya untuk membaca artikelnya maupun reservasi pemesanan yang tersedia 24 jam.

Baca Yuk:  Sewa Mobil Innova Reborn Surabaya Sidoarjo Gresik Malang Kediri Agustus 2024