Para pecinta pedas mungkin pernah menyantap nasi hanya dengan sambal teri saja. Namun apakah Anda pernah mencoba sajian nasi yang dicampur sambal teri kemudian dibungkus daun pisang lalu dikukus? Kedengarannya nikmat ya… Itulah nasi gegok yang menjadi hidangan khas Trenggalek, terutama di Kecamatan Bandungan. Prioritas Sarana Transport jasa sewa Avanza Surabaya kali ini akan mengajak Anda melihat asal muasal terciptanya nasi gegok.

Berawal dari ide seorang ibu rumah tangga yang disapa Bu Tumirah, ingin membuat masakan olahan nasi yang bisa langsung dimakan tanpa tambahan lauk yang mahal. Olahan makanan yang tidak menguras kantong sekaligus awet bila dibawa para petani sewaktu pergi ke kebun. Maka terciptalah nasi gegok ini yang kepanjangannya adalah “sego genem godhong gedhang” atau nasi yang dibungkus daun pisang. Cara pembuatannya pun tergolong mudah. Anda ingin menirunya di rumah?

Baca Yuk:  Menikmati Keindahan Wisata Curug Bayan Banyumas

Bahan-bahan yang diperlukan hanya nasi, sambal, teri dan daun pisang yang digunakan untuk membungkus. Pertama-tama, nasi ditata diatas daun pisang. Tambahkan sambal teri diatasnya. Kemudian lipat rapi daun pisangnya seperti membungkus bothok. Setelah itu, kukus nasi selama kurang lebih 30 menit. Santap sewaktu sudah cukup hangat. Mudah bukan?

Meski awalnya nasi gegok ditujukan untuk bekal petani ke ladang, namun kini mulai dikenal sampai keluar daerah Trenggalek. Varian isian juga mulai divariasikan menjadi bermacam-macam lauk, seperti jeroan, ayam suwir, tuna dan lain sebagainya. Rasanya yang pedas mantap dengan harga sangat murah membuat hidangan ini menjadi salah satu kuliner yang diburu. Jika Anda sedang berlibur di Jawa Timur dan melewati Trenggalek, nasi gegok layak untuk menjadi tujuan kuliner Anda. Prioritas Sarana Transport jasa sewa Avanza Surabaya siap mengantar ke tujuan Anda. Dengan driver berpengalaman dan unit mobil terawat, perjalanan Anda akan lebih menyenangkan. Silahkan kontak kami di layanan customer 24 jam, dapatkan penawaran harga terbaik.

Baca Yuk:  Pesona Wisata Karimunjawa Yang Menakjubkan