Bagi beberapa orang, mengemudikan mobil di jalanan pegunungan sangat sulit. Khususnya bagi mereka yang tidak terbiasa dengan medan jalanan yang cenderung menanjak akan merasa takut dan kesulitan. Oleh karena itu, Prioritas Sarana Transport akan memberikan tips berkendara di jalanan pegunungan.

  1. Periksa kondisi mobil

Sangat penting bagi anda sebelum menggunakan mobil adalah memeriksa kondisi rem dan ban. Risiko kecelakaan saat berkendara dapat meningkat jika sistem rem tidak berfungsi dengan baik.

Anda juga perlu memeriksa tekanan ban dan Tingkat keausan ban untuk keamanan mengemudi di jalanan pegunungan. Selain itu, anda juga perlu memeriksa lampu, wiper, dan mesin mobil agar berfungsi dengan baik.

  1. Mengatur kecepatan mobil dan tetap waspada

Mengendalikan kecepatan mengemudi sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Anda perlu mengurangi kecepatan, khususnya saat memasuki tikungan tajam yang seringkali terdapat di jalanan pegunungan.

Baca Yuk:  Menelusuri Keunikan Kuliner Khas Madiun

Selain itu, karena jalanan pegunungan yang sempit, tetaplah berada di jalur anda. Dengan begitu anda dapat tetap waspada sewaktu ada mobil datang dari arah yang berlawanan.

  1. Tetaplah fokus saat berkendara

Di jalanan pegunungan yang cukup ekstrem, anda perlu menjaga konsentrasi supaya tetap aman. Hindari penggunaan telepon atau hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi anda selama mengemudi.

Sebaiknya hindari mengemudi saat sedang mengantuk. Lebih baik anda berhenti sebentar dan beristirahat, agar perjalanan anda berjalan dengan lancar dan aman.

  1. Gunakan gigi mobil atau gear dengan baik

Saat melalui jalan tanjakan, gunakan gigi rendah agar torsi dan tenaga mobil lebih optimal. Sedangkan saat melaju di jalanan menurun, gunakan gigi yang lebih tinggi daripada saat menanjak. Karena gigi mobil berfungsi sebagai pengatur kecepatan dan memberikan kemudahan dalam pengereman mesin.

  1. Gunakan isyarat klakson dan lampu depan
Baca Yuk:  Oleh-Oleh Khas Semarang yang Wajib Anda Coba

Sangat penting untuk selalu waspada terhadap blind spot. Untuk menghindari kecelakaan, pastikan Anda menurunkan kecepatan mobil dan memberikan isyarat melalui klakson dan lampu depan saat melewati blind spot. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat meningkatkan keselamatan saat berkendara di jalanan pegunungan.

Itulah beberapa tips berkendara di jalanan pegunungan. Jika anda ingin menggunakan jasa sewa mobil dengan driver agar perjalanan anda lebih aman selama melewati medan yang ekstrem seperti jalanan pegunungan, Prioritas Sarana Transport solusinya.

Prioritas Sarana Transport merupakan jasa sewa mobil dengan driver di Surabaya. kami menyediakan berbagai jenis armada berkualitas dan driver yang berpengalaman. Silahkan hubungi kami melalui whatsapp dan lakukan reservasi mobil.

Baca Yuk:  Menyelami Keunikan Kuliner Khas Karimunjawa

Sumber: www.idntimes.com