Bagi anda yang mengalami jarak pandang terbatas dapat menjadi kendala khususnya saat harus mengemudikan mobil pada malam hari. dilansir dari sumber website resmi Kompas, bahwa dibandingkan mengemudi mobil pada siang hari, lebih berat mengemudi saat malam hari. Mata kita akan bekerja lebih keras. Kondisi ini dikarenakan saat terkena silau lampu kendaraan dari arah yang berlawanan, mata jadi lebih cepat terasa lelah. Oleh karena itu, Prioritas Sarana Transport akan memberikan 4 tips berkendara aman saat malam hari.

  1. Perhatikan jarak aman

Ketika berkendara pada malam hari, anda perlu memperhatikan jarak aman dengan kendaraan lainnya. Dengan menjaga jarak aman, kita bisa menghindari mengerem secara mendadak sehingga bisa mneghindari kecelakaan.

Baca Yuk:  Jenis-Jenis Aki Mobil & Tanda Aki Melemah

Kementerian Perhubungan telah menetapkan bahwa jarak minimal dan jarak aman antara kendaraan untuk kecepatan 30 km/jam adalah minimal 15 meter dan maksimal 30 meter. Untuk kecepatan 40 km/jam, jarak minimalnya adalah 20 meter dan jarak maksimalnya adalah 40 meter. Aturan ini berlaku juga untuk kecepatan yang lebih tinggi.

  1. Perhatikan penggunaan headlights

Headlights merupakan lampu utama pada kendaraan yang terdiri dari sorot jauh dan sorot rendah. Keduanya memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Sorot jauh (high beams) berguna saat penerangan minim.

Sedangkan sorot rendah (low beams) berguna saat ada kendaraan mendekat atau saat mengikuti mobil lain. Selain itu, perhatikan juga headlight dan atur spion agar tidak menyilaukan mobil belakang.

  1. Perhatikan lampu dasbor dan indikator
Baca Yuk:  Mengenal Komponen Wiper Mobil & Cara Merawatnya

Anda dapat mengatur kecerahan hingga redup agar cahaya lampu tidak menyilaukan mata. Dengan begitu akan meningkatkan visibilitas mata, hal ini memungkinkan anda untuk dapat melihat jarak terjauh.

  1. Perhatikan kondisi sekitar dan selalu waspada

Saat malam hari jarak pandang akan lebih terbatas. Anda perlu waspada terhadap objek yang tidak mengeluarkan Cahaya seperti hewan, orang berjalan, dan lain-lain. Sehingga anda perlu tetap fokus dan selalu perhatikan sekitar saat mengemudi. Dengan selalu menjaga kewaspadaan, perjalanan anda akan terasa aman.

Itulah 4 tips berkendara aman saat malam hari. jika anda ingin bepergian dengan aman, kami menyediakan jasa sewa mobil. Prioritas Sarana Transport merupakan jasa sewa mobil dengan driver di Surabaya. Kami selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan penumpang. Silahkan hubungi tim marketing kami melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252 ini.

Baca Yuk:  Destinasi Wisata Di Batu: Batu Love Garden

Sumber : www.auto2000.co.id