Gudeg merupakan kuliner khas Daerah Istimewa Yogyakarta. Gudeg terbuat dari bahan baku utama Nangka muda yang dimasak dengan santan. Gudeg memiliki cita rasa yang cenderung manis. Terdapat dua jenis gudeg yaitu gudeg basah dan kering.

Gudeg basah biasanya tidak tahan lama, dan harus langsung dikonsumsi. Sedangkan gudeg kering lebih tahan lama dan biasanya cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Berikut ini Prioritas Sarana Transport akan merekomendasikan 3 tempat kuliner gudeg legendaris di Yogyakarta.

  1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum merupakan rumah makan yang khusus menjual gudeg. Gudeg Yu Djum merupakan gudeg legendaris yang ada di Yogyakarta. Rumah makan gudeg ini sudah berdiri sejak tahun 1950. Cita rasa gudeg yang sangat lezat yang dimiliki oleh rumah makan Gudeg Yu Djum ini tidak berubah dari sejak dulu, dan masih mempertahankan resep aslinya. Tidak hanya menjual gudeg yang lezat, di sini juga disediakan kesempatan bagi pembeli untuk melihat langsung proses pembuatan gudeg dari dapur Gudeg Yu Djum.

  1. Gudeg Mbah Lindu
Baca Yuk:  Liburan Seru Di Wisata Semarang, Saloka Theme Park

Gudeg Mbah Lindu merupakan salah satu penjual gudeg yang sangat legendaris. Bahkan Gudeg Mbah Lindu sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Cara memasak gudeg buatan Mbah Lindu masih menggunakan metode tradisional dengan menggunakan peralatan masak yang kuno. Gudeg Mbah Lindu dimasak dengan menggunakan tungku dan kayu bakar. Tidak heran rasanya sangat lezat dan dengan cita rasa manis dan gurih.

  1. Gudeg Mercon Bu Tinah

Kuliner gudeg yang satu ini sangat terkenal dengan kepedasannya. Gudeg Mercon Bu Tinah sudah buka sejak tahun 1992. Yang Istimewa dari gudeg ini adalah rasa pedas dan gurihnya. Gudeg Mercon Bu Tinah berbeda dari kebanyakan gudeg yang dijual di kota Yogyakarta. Pada umumnya gudeg memiliki cita rasa yang manis, namun gudeg Mercon But Tinah memiliki cita rasa yang gurih. Sangat cocok bagi anda yang pecinta pedas dan tidak terlalu menyukai rasa manis.Tidak heran, warung gudeg ini snagat ramai dikunjungi para pengunjung.

Baca Yuk:  Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Banyuwangi

Itulah beberapa rekomendasi 3 tempat kuliner gudeg legendaris di Yogyakarta. Bagi anda yang ingin mencicipi langsung gudeg dari kota asalnya, kami menyediakan jasa sewa mobil untuk perjalanan anda. Prioritas Sarana Transport merupakan jasa sewa mobil beserta driver yang ada di Surabaya. Silahkan hubungi tim marketing kami melalui whatsapp, dan lakukan reservasi mobil segera.

Sumber : www.kompas.com