Saat musim hujan, hal yang paling tidak bisa dihindari adalah banjir. Khususnya jika kita terjebak banjir saat sedang dalam perjalanan. Ada baiknya jika kita tidak mencoba untuk menerjang banjir.

Beberapa penyebab yang akan terjadi jika kita menerjang banjir adalah jalanan yang tertutup oleh banjir cenderung mengakibatkan kecelakaan. Hal ini disebabkan pengemudi tidak bisa membedakan mana jalanan yang berlubang atau bahkan trotoar.

Selain itu, menerjang banjir juga akan mengakibatkan mobil kemasukan air. Akibatnya mobil jadi terendam oleh banjir. Dan mobil yang pernah terendam banjir tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena pasti akan ada dampak kerusakan yang bisa timbul. Prioritas Sarana Transport akan membagikan dampak kerusakan mobil akibat terendam banjir dan 6 Tips Mengatasi Mobil Terendam Banjir.

Beberapa dampak kerusakan yang timbul akibat mobil yang terendam banjir diantaranya:

  1. Kerusakan komponen mobil

Komponen mobil seperti komponen kelistrikan mobil sangat rentan terhadap kerusakan. Hal ini dapat sangat berbahaya jika air masuk ke celah sambungan kabel atau konektor kelistrikan bahkan hingga mengenai komponen sensitive seperti ECU (Electronic Control Unit) atau sensor mobil.

  1. Terkena Water Hammer
Baca Yuk:  Menyelami Ragam Kuliner Khas Kediri

Water hammer terjadi ketika air terserap ke dalam mesin mobil, biasanya terjadi saat mobil menerjang banjir atau saat sedang hujan. Peristiwa ini dapat menyebabkan kerusakan pada mesin serta dapat mengganggu performa kendaraan. Oleh karena itu, penting untuk tidak menghidupkan mesin setelah air masuk ke dalamnya. Dan sebaiknya anda perlu melakukan pemeriksaan untuk memperbaiki masalah water hammer.

  1. Kerusakan rem mobil

Kerusakan pada saluran cairan rem dapat mengakibatkan rem mobil tidak berfungsi dengan optimal. Selain itu, karat yang mengenai cakram atau teromol rem juga dapat menyebabkan rem mobil menjadi tidak berfungsi. Oleh karena itu, sangat berbahaya jika setelah mobil terkena banjir tiba-tiba rem mobil menjadi blong.

Ketika anda terjebak banjir, maka anda tidak perlu panik. Dikutip dari website resmi Suzuki, berikut 6 tips mengatasi mobil terendam banjir.

  1. Melepas kabel aki mobil

Kabel aki berhubungan dengan komponen Listrik dalam mobil. Kabel aki yang tidak dicabut dapat mengakibatkan korsleting pada mobil. Oleh karena itu, saat terendam banjir melepas kabel aki merupakan hal penting yang harus anda lakukan.

  1. Hindari menggunakan rem tangan
Baca Yuk:  Lezatnya Babat Gongso Kuliner Khas Semarang

Menonaktifkan rem tangan dapat mencegah agar rem kampas mobil tidak lengket. Pada mobil dengan transmisi manual, anda dapat memindahkan ke gigi satu atau mengganjal dengan batu. Sedangkan pada mobil dengan transmisi otomatis, anda dapat memindahkan persneling ke mode parkir. Hal ini dilakukan untk mencegah agar mobil tidak terbawa arus banjir.

  1. Jangan menyalakan mobil

Menyalakan mesin saat mobil terendam banjir dapat mengakibatkan korsleting listrik dan memperparah kondisi mobil. Sebaiknya, anda cukup dorong mobil tersebut ke tempat yang aman tanpa harus menyalakan mesin mobil.

  1. Menguras tangki bensin

Ketika mobil terendam banjir, risiko bensin tercampur dengan air banjir sangat tinggi. Pengurasan tangka bensin bertujuan untuk mencegah terjadinya karat pada tangki bensin akibat campuran air yang masuk. Menguras tangki bensin bisa dilakukan dengan membawanya ke bengkel.

  1. Mengeringkan pengapian mobil

Anda perlu memastikan komponen pengapian agar tidak rusak dan dapat berfungsi dengan optimal. Komponen pengapian ini meliputi busi, saringan udara, alternator, karburator, koil, dan delco kabel. Dengan membawa mobil ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan mobil secara menyeluruh.

  1. Mengeringkan mobil
Baca Yuk:  Jenis-Jenis Aki Mobil & Tanda Aki Melemah

Anda perlu melakukan pengeringan mobil setelah terendam hujan. Khususnya pada bagian lampu mobil yang memiliki arus listrik, agar terhindar dari korsleting listrik.

Itulah 6 tips mengatasi mobil terendam banjir untuk mencegah dampak kerusakan yang dapat timbul dikemudian hari. Jika anda membutuhkan jasa sewa mobil dengan driver, Prioritas Sarana Transport memiliki solusinya. Prioritas Sarana Transport merupakan jasa sewa mobil untuk kebutuhan harian maupun bulanan.

Silahkan hubungi tim marketing kami melalui whatsapp atau nomor 0813-3285-5252 ini. segera lakukan reservasi mobil untuk perjalanan anda.

Sumber : www.auto2000.co.id