Setiap jenis mobil selalu terdapat AC. Oleh karena itu, AC mobil merupakan salah satu komponen penting dalam mobil. Sehingga akan kurang lengkap rasanya jika tidak menggunakan AC. Apalagi ketika udara diluar sangat panas. AC berperan penting untuk menjaga agar suhu udara di dalam mobil selalu sejuk.

Khususnya ketika cuaca panas yang ekstrem, AC mobil bisa saja bekerja kurang maksimal. Selain itu, ada penyebab lain yang bisa saja mengakibatkan AC mobil tidak dingin. Berikut ini adalah 6 penyebab AC mobil tidak dingin.

  1. Freon AC habis

Freon berfungsi untuk menyerap udara panas lalu dirubah sehingga menghasilkan udara dingin. Tanpa adanya freon, AC tidak akan bisa menghasilkan udara dingin. Jadi, jika freon habis atau mengalami kebocoran, anda perlu mengganti AC freon mobil anda, dengan membawanya ke bengkel resmi.

  1. Kompresor rusak
Baca Yuk:  Tips Mengemudikan Mobil Matik Ketika Macet

Dikutip dari laman Suzuki, kompresor AC pada mobil merupakan bagian dari sistem pendingin udara yang berperan dalam mengkompresi atau memampatkan refrigeran dalam sistem. Fungsinya adalah untuk menghasilkan dan menjaga sirkulasi udara dingin di dalam kendaraan.

Namun, ketika AC mobil anda menjadi tidak dingin, bisa jadi disebabkan karena kompresor AC aus atau rusak. Tanda-tanda yang muncul adalah sight glass bewarna hitam, yang artinya artinya receiver dryer expansion valve tersumbat oleh kotoran.

  1. Kondensor kotor

Kondensor berfungsi untuk membuang udara panas yang dihasilkan oleh kompresor. Agar kondensor berfungsi dengan sebagaimana mestinya, anda perlu rutin membersihkan kondensor agar kotoran tidak menumpuk dan tidak menyebabkan penyumbatan.

  1. Extra fan mati
Baca Yuk:  Berburu Oleh-Oleh Khas Jepara Bersama Sewa Mobil

Extra fan atau kipas tambahan yang tidak berfungsi dengan baik akan mempengaruhi proses penurunan suhu di dalam kondensor (kondensasi). Jika kondensasi terhambat sehingga proses penurunan suhu tidak terjadi, maka akan mengakibatkan suhu kabin terasa panas.

  1. Pengisian oli kompresor yang berlebih

Pengisian oli kompresor yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya peningkatan dalam freon AC. Hal ini, akan mengakibatkan kompresor menjadi panas dan proses kondensasi menjadi terhambat.

  1. Fan belt putus

Pentingnya fan belt dalam sistem AC adalah untuk mengalirkan putaran mesin ke kompresor. Jika fan belt ini rusak atau putus, kinerja kompresor akan terganggu, dan tidak akan menerima putaran mesin yang memadai. Hal ini dapat mengakibatkan sirkulasi freon akan terhambat. Sehingga udara yang dihasilkan kurang dingin.

Baca Yuk:  Rekomendasi Kuliner Wonosobo Yang Menggugah Selera

Itulah beberapa penyebab AC mobil tidak dingin. Prioritas Sarana Transport menyediakan armada dengan kualitas yang baik, sehingga para penumpang akan merasa nyaman di dalam mobil. Bagi anda yang membutuhkan jasa sewa mobil dengan driver, silahkan hubungi tim marketing kami melalui whatsapp atau hubungi nomor 0813-3285-5252 ini.

Sumber : www.auto2000.co.id