Sate klatak merupakan kuliner khas Kabupaten Bantul, kota Yogyakarta. Sate Klatak adalah sate yang menggunakan bahan dasar daging kambing. Sate ini berbeda dengan sate pada umumnya, yaitu dibakar dengan hanya diberi garam

Dikutip dari jurnal Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, penamaan klatak sendiri berarti bunyi yang timbul saat membakar sate. Pada zaman dulu, garam yang digunakan adalah garam kasar “grosok” sehingga menghasilkan bunyi klatak. Penyajian sate klatak biasanya diberi tambahan kuah gulai.

sate klatak di yogyakarta

Sate Klatak di Yogyakarta. instagram.com/mgdalenaf

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke kota Yogyakarta namun belum mencicipi kuliner sate yang satu ini. Kuliner sate ini sangat terkenal, apalagi sejak namanya muncul di dalam film Ada Apa Dengan Cinta. Cita rasanya yang lezat dan sangat unik karena berbeda dengan sate bumbu, menjadikannya kuliner favorit para pengunjung.

Baca Yuk:  Mengenal Kuliner Jogja Brongkos dan Rekomendasi Tempat Makan

Beberapa rekomendasi kuliner sate klatak di Yogyakarta.

  1. Sate Klatak Pak Bari

Warung Sate Klatak Pak Bari merupakan salah satu tempat kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1992. Tidak hanya itu, warung sate ini adalah pelopor pemberian nama sate klatak. Warung sate Pak Bari semakin dikenal masyarakat luas sejak muncul di film Ada Apa Dengan Cinta (AADC 2). Warung sate ini terletak di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Wonokromo II, Wonokromo, Kec. Pleret, Kabupaten Bantul.

  1. Sate Klathak Pak Pong

Warung Sate Klatak Pang Pong merupakan warung sate yang sudah ada paling lama diantara warung sate klatak lainnya, sejak tahun 1960. Sate Klathak Pak Pong terletak di Jalan Sultan Agung Nomor 18, Jejeran II, Wonokromo, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

  1. Sate Klatak Mak Adi
Baca Yuk:  Menikmati Keindahan Wisata Curug Bayan Banyumas

Sate klatak Mak Adi sudah ada sejak tahun 1995. Tidak heran jika banyak pengunjung yang datang untuk mencicipi sate klatak yang lezat ini. Warung sate ini terletak di Jalan Imogiri Timur KM 10, Jati, Wonokromo, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Itulah 3 rekomendasi kuliner sate klatak di Yogyakarta yang wajib anda kunjungi. Jika anda membutuhkan jasa sewa mobil dengan driver, silahkan hubungi kami melalui whatsapp atau hubungi nomor 0813-3285-5252 ini. prioritas Sarana Transport merupakan jasa sewa mobil dengan driver di Surabaya. Segera rencanakan perjalanan anda dengan kami dan lakukan reservasi mobil.

Sumber : www.kompas.com