Tengkleng adalah kuliner khas kota Solo. Tengkleng merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar daging kambing dengan kuah bumbu kuning. Kuliner ini hampir sama dengan gulai kambing. Namun, yang membedakan adalah kuah tengkleng tidak menggunakan santan, sehingga kuahnya lebih encer.

Dilansir dari Kompas, kuliner ini ada sejak zaman penjajahan Jepang. Kuliner Tengkleng dibuat pertama kali oleh rakyat Solo. Hal ini disebabkan karena bahan pangan yang menipis, sehingga rakyat Solo terpaksa mengolah bahan apapun agar tidak kelaparan dan dapat bertahan hidup. Mereka mengolah limbah pangan seperti tulang dan jeroan kambing. Makanan tersebut dinamakan tengkleng karena ketika diletakkan di piring orang miskin, akan terdengar bunyi kleng-kleng-kleng.

Baca Yuk:  Tempat Camping di Malang: Bumi Perkemahan Bedengan

Berikut ini rekomendasi beberapa tempat makan kuliner tengkleng khas Solo.

  1. Sate Kambing dan Tengkleng Rica Rica Pak Manto

Warung ini menyediakan berbagai menu masakan selain tengkleng yaitu sumum, tongseng, gule, sate, dan masih banyak lagi. Tempatnya terletak di Jalan Honggowongso No.36, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta.

  1. Tengkleng Yu Tentrem

Warung tengkleng yang satu ini sangat terkenal. Bahkan telah menjadi langganan keluarga mantan Presiden Soeharto. Tengklengnya sangat lezat, tidak prengus, dan kuahnya sangat bening. Warung ini terletak di Kampung Ngadisono, Jl. Letjen Sutoyo, Kadipiro, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta.

  1. Tengkleng Kambing Bu Pon

Warung tengkleng ini terletak di Jalan Kapten Mulyadi, Shelter Lojiwetan, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Solo. Cita rasa tengkleng yang tidak diragukan lagi kelezatannya, dengan rasa kuah yang gurih. Selain itu, terdapat cabe rawit yang pedas. Sehingga sangat cocok bagi anda yang menyukai kuliner pedas.

Baca Yuk:  Menyelami Ragam Kuliner Khas Kediri

Bagi anda yang ingin mencicipi kuliner tengkleng khas Solo secara langsung, kami menyediakan jasa sewa mobil dengan driver. Prioritas Sarana Transport merupakan jasa sewa mobil di Surabaya. Armada yang berkualitas baik dengan driver professional, akan memberikan pengalaman perjalanan yang menyenangkan. Silahkan hubungi tim marketing kami melalui whatsapp atau hubungi nomor 0813-3285-5252 ini.

Sumber : www.jateng.inews.id