Nasi liwet adalah salah satu kuliner khas kota Solo yang menjadi favorit masyarakat kota Solo. Nasi liwet bahkan ditetapkan sebagai ikon kuliner di kota Solo. Tidak heran, banyak wisatawan yang berkunjung ke kota ini wajib berburu kuliner nasi liwet Solo.

Sejarah nasi liwet khas Solo

Dilansir dari laman resmi Pemerintah Kota Surakarta, nasi liwet berasal dari masyarakat di Desa Menuran, Kabupaten Sukoharjo yang menjualnya seperti menjual makanan pada umumnya. Selain itu, catatan sejarah lain juga menyebutkan bahwa nasi liwet sering kali menjadi hidangan yang dapat ditemukan saat peringatan Maulid Nabi.

Asal mula munculnya nasi liwet tersebut berasal dari masyarakat setempat yang terinspirasi dari nasi samin yang dianggap sebagai hidangan favorit nabi. Namun, karena saat itu masyarakat tidak memiliki minyak samin sebagai bahan utama, maka nasi liwet menggunakan bahan pengganti yaitu air kelapa.

Baca Yuk:  Mengenal Kuliner Jogja Brongkos dan Rekomendasi Tempat Makan

Hidangan nasi liwet khas Solo

Nasi liwet biasanya dihidangkan dengan alas daun pisang. Nasi liwet adalah nasi yang disajikan dengan suwiran ayam atau opor ayam, telur rebus, sayur labu siam dan santan kental. Nasi liwet ini memiliiki cita rasa nasi yang gurih, lezat serta aroma sedap yang menggugah selera.

Rekomendasi kuliner nasi liwet di Solo

Karena kota Solo dikenal dengan kuliner nasil liwetnya, maka anda akan banyak menjumpai penjual nasi liwet. Berikut ini rekomendasi tempat kuliner nasi liwet Solo yang sudah sangat dikenal.

  1. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu

Warung nasi liwet ini merupakan warung makan legendaris yang sudah buka sejak tahun 1950. Sangat cocok untuk kuliner malam, karena buka mulai pukul 16.00 – 01.00. warung nasi liwet Bu Wongso Lemu terletak di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Warung makan ini menyediakan menu nasi liwet lengkap dengan isian telur, suwiran ayam, ati ampela, kepala, dan brutu. Dan menyediakan aneka jenis minuman dengan harga terjangkau.

  1. Nasi Liwet Bu Sarmi
Baca Yuk:  Liburan Seru Di Wisata Semarang, Saloka Theme Park

Warung Nasi Liwet Bu Sarmi terletak di Jalan Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu, Kecamatan Ps. Kliwon, Kota Surakarta. Warung tenda ini terletak dipinggir jalan dekat dengan warung tenda susu Shi Jack. Warung ini buka setiap hari pukul 18.00 – 00.00. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, sehingga warung nasi liwet ini sangat ramai.

  1. Nasi Liwet Yu Sani

Nasi Liwet Yu Sani Gemblengan terkenal enak dan harga yang murah. Harga nasi per porsi nasi liwetnya sangat sangat terjangkau mulai dari Rp 9.000 sampai Rp 22.000. Selain itu, tersedia juga menu lain seperti ketan, garang asem, ceker, dan aneka menu minuman. Tidak heran, warung ini selalu ramai oleh par apengunjung. Warung nasi liwet Yu Sani memiliki dua cabang, yang pertama berlokasi di Jalan Veteran Nomor 90-191, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo. Cabang keduanya terletak di Jalan Ir. Soekarno Nomor 8, Dusun II, Langenharjo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. 

Baca Yuk:  Perbedaan Batik Jogja dan Batik Solo

Itulah beberapa rekomendasi tempat kuliner nasi liwet Solo. Jika anda ingin menggunakan jasa sewa mobil untuk bepergian ke kota Solo, Prioritas Sarana Transport merupakan solusinya. Prioritas Sarana Transport menyediakan jasa sewa mobil beserta driver professional. Silahkan hubungi tim marketing kami melalui whatsapp atau hubungi nomor 0813-3285-5252.

Sumber : www.soloraya.solopos.com