Setelah membahas mengenai fungsi dari oli mesin mobil, kita tentunya jadi tahu bahwa oli mobil merupakan komponen penting. Oleh karena itu, kali ini Prioritas Sarana Transport akan membahas tanda-tanda harus ganti oli mesin mobil dan masalah yang timbul jika tidak mengganti oli mobil.

Jarak tempuh dan waktu penggunaan, merupakan beberapa faktor yang dapat dipertimbangkan sebagai tanda bahwa oli mobil harus segera diganti dengan yang baru. Selain hal tersebut, terdapat beberapa faktor lain yang dapat menjadi tanda bahwa oli mobil harus diganti.

  1. Lampu indikator oli menyala

Untuk mengetahui kapan saatnya mengganti oli, perhatikan lampu indikator oli di dashboard. Jika lampu indikator atau Ikon yang berbentuk corong dengan tetesan oli ini menyala, maka segeralah melakukan pengecekan di bengkel resmi dan penggantian oli mesin mobil.

  1. Suara mesin menjadi kasar

Biasanya oli yang masih berfungsi dengan baik akan meredam suara gesekan antar komponen. Namun, jika kualitas oli menurun dan sudah lama, hal ini akan mempengaruhi kinerja oli menjadi menurun. Hal tersebut dapat mengakibatkan muncul suara yang kasar saat menyalakan mesin mobil. Anda perlu mengganti oli mesin mobil jika muncul tanda ini.

  1. Akselerasi menjadi Lebih Berat dan Getaran Mesin Tinggi
Baca Yuk:  Menikmati Keindahan Wisata Curug Bayan Banyumas

Hal ini bisa disebabkan oleh kondisi oli mobil yang sudah tidak baik. Oli yang tidak optimal dapat mengurangi kemampuan pelumasan mesin, sehingga mesin akan mengalami gesekan yang lebih besar dan menghasilkan suara yang keras. Selain itu, getaran mesin juga akan meningkat dan mengganggu kenyamanan saat mengemudi.

  1. Asap knalpot berwarna gelap

Asap knalpot yang normal seharusnya berawarna transparent. Namun, jika asap knalpot menjadi gelap atau kehitaman, maka anda perlu melakukan pengecekan terhadap oli mesin mobil. Segeralah lakukan penggantian oli.

Jika muncul tanda-tanda tersebut anda perlu mengganti oli mobil. Sebab jika tidak melakukan penggantian oli mobil akan muncul dampak buruk yang dapat menyebabkan masalah serius pada mobil anda.

  1. Boros bahan bakar
Baca Yuk:  Kelebihan Sewa Mobil innova Zenix

Oli berfungsi sebagai penyerap panas. Ketika oli menjadi kotor, tarikan mesin menjadi berat dan berdampak besar pada pembakaran. Akibatnya, mesin bekerja lebih keras dan membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Hal ini menyebabkan mobil menjadi lebih boros dalam penggunaan bahan bakar.

  1. Mesin menjadi berkerak

Gesekan yang terjadi antar komponen dapat menyebabkan kotoran berupa kerak. Kotoran tersebut akan bercampur dengan oli sehingga oli berubah warna menjadi gelap. Apabila anda tidak segera mengganti oli mobil, maka akan menyebabkan kotoran bertumpuk dan menjadi usah dibersihkan. Lama-kelamaan mesin akan menjadi rusak.

  1. Mesin mengalami overheating

Mesin menjadi lebih mudah panas dapat disebabkan karena oli mesin yang tidak baik. Oli yang kotor tidak bisa secara optimal menyerap panas dari gesekan antar mesin. Dan jika tidak mengganti oli mobil dapat menyebabkan mesin mobil tiba-tiba mati.

  1. Turun mesin

Dimulai dari adanya kerak yang menyebabkan kompresi menjadi lemah. Mesin otomatis akan mengalami penurunan performa meskipun Anda terus memaksa kendaraan untuk melakukan perjalanan jauh. Gesekan mesin dengan kerak yang sudah tebal akan menyebabkan turun mesin.

  1. Usia mesin menjadi pendek
Baca Yuk:  Berburu Oleh-Oleh Khas Jepara Bersama Sewa Mobil

Jika anda tidak merawat mobil anda dan jarang mengganti oli mesin, dapat memperpendek usia mesin. Karena mesin kendaraan memiliki usia pakai. Oleh karena itu, anda perlu merawat baik baik mobil anda dan rutin mengganti oli mesin.

Itulah tanda-tanda dan masalah yang timbul jika anda tidak segera ganti oli mesin mobil. Jika anda membutuhkan jasa sewa mobil dengan driver, Prioritas Sarana Transport merupakan Solusi terbaik. Prioritas Sarana Transport menyediakan mobil yang terawat dengan baik dan driver professional. Silahkan hubungi tim marketing kami melalui whatsapp atau hubungi nomor 0813-3285-5252.

Sumber : www.suzuki.co.id