Kuliner Coto Makassar adalah makanan khas kota Makassar, Sulawesi Selatan yang sangat popular. Kuliner ini menjadi hidangan favorit dan banyak disukai. Dikutip dari laman CNN Indonesia, coto Makassar sudah ada sejak zaman Kerajaan Gowa tahun 1538 Masehi. Pada abad 16 hidangan coto Makassar dijadikan kuliner khas yang mendapat pengaruh dari kuliner Cina yang telah ada saat itu.

Coto Makassar umumnya terbuat dari bahan dasar daging sapi dan jeroannya berupa usus, hati, limpa, dan jantung. Dikutip dari laman Detikcom, coto Makassar menggunakan 40 jenis rempah Indonesia atau biasa disebut Rampah Patang Pulo.

Beberapa dari Rampah Patang Pulo adalah kemiri, cengkeh, pala, fuli, sereh, lengkuas, merica, bawang merah, bawang putih, jintan, ketumbar merah, kacang ketumbar putih, jahe, laos, daun jeruk purut, daun salam, daun kunyit, daun bawang, daun seledri, daun prei, lombok merah, lombok hijau, gula talla, asam, kayu manis, dan garam.

Baca Yuk:  Wisata Probolinggo: Pesona Ranu Segaran & Air Panas Tiris

Bumbu rempah-rempah tersebut menghasilkan cita rasa dan aroma yang khas, dengan kuah yang gurih dan sedap. Selain itu, coto Makassar biasanya cocok dimakan dengan buras. Buras merupakan beras yang dimasak dengan santan dan dibungkus daun pisang.

Tidak hanya dapat di nikmati di kota Makassar saja, di luar daerah pun dapat menikmati kuliner coto Makassar. Di Surabaya sudah banyak yang menjual kuliner khas kota Semarang ini, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat makan kuliner coto Makassar.

  1. Coto Makassar Daeng Kulle

Coto Makassar Daeng Kulle merupakan tempat makan legendaris dan sudah banyak dikenal di Surabaya. Tempat makan ini selalu ramai didatangi oleh pengunjung yang ingin mencicipi hidangan lezat khas kota Makassar. Letaknya di Jalan Achmad Jais No.4, Peneleh, Kec. Genteng, Surabaya. buka setiap hari Selasa sampai hari Minggu, pukul 09.30 – 17.00 WIB. Tidak hanya menyajikan coto Makassar, terdapat menu lain seperti sop saudara, sop lidah, rawon, buras, jalangkote, otak-otak, es pisang ijo, es pallu butung dan masih banyak lagi varian lainnya.

  1. Coto Makassar Daeng Muchtar
Baca Yuk:  Tips Agar Tidak Mabuk Saat Naik Mobil, Tanpa Minum Obat

Tempat makan coto Makassar yang satu ini berupa warung tenda kaki lima di pinggar jalan. Walaupun merupakan warung kaki lima, namun rasanya sangat enak. Terbukti dari ramainya pengunjung yang datang untuk mencicipi kuliner khas kota Makasssar ini. Warung Coto Makassar Daeng Muchtar berlokasi di dekat Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Jalan Raya Kupang Indah, Sonokwijenan, Kec. Sukomanunggal, Surabaya. tempat ini buka setiap hari Senin  sampai Minggu, pukul 10.00 – 21.00 WIB.

  1. RM Aroma Makassar

Rumah Makan Aroma Makassar menyediakan aneka menu makanan khas Makassar seperti sop konro, coto Makassar, sop sodara, mie titi, otak-otak, konro bakar, buras, es pisang ijo dan masih banak lagi menu lainnya. RM Aroma Makassar terletak di jalan Jl. Perak Timur No.564 Blok A8,  Perak Utara, Kec. Pabean Cantikan, Surabaya. Selain di Perak, terdapat beberapa cabang seperti di Delta Plaza, Galaxy Mall, dan di Jalan Tunjungan.

Baca Yuk:  Penyebab Sensor Parkir Mobil Tidak Berfungsi Dengan Baik

Itulah beberapa rekomendasi tempat kuliner Coto Makassar di Surabaya. jika anda sedang berkunjung ke Surabaya dan ingin mengunjungi tempat-tempat tersebut, kami menyediakan jasa sewa mobil. Prioritas sarana Transport merupakan jasa sewa mobil dengan driver professional. Silahkan hubungi tim marketing kami untuk reservasi mobil melalui whatsapp atau hubungi nomor 0813-3285-5252.