Sate Ponorogo merupakan salah satu kuliner yang berasal dari kota Ponorogo. Sate Ponorogo ini memiliki perbedaan dengan sate Madura. Dikutip dari laman Radarmadura.id, sate Ponorogo biasanya menggunakan daging ayam tanpa lemak dan kulit, dengan daging berbentuk pipih.

Untuk bumbunya, jika sate Madura menggunakan bumbu kecap, maka sate Ponorogo menggunakan bumbu bacem. Bumbu bacem terbuat dari rempah-rempah, yang terdiri dari bahan-bahan seperti kemiri, jinten, ketumbar, merica, laos, kunyit, jahe, serta gula jawa.

Selain itu, untuk penyajiannya jika sate Madura disajikan dengan saus kacang, maka sate Ponorogo disajikan dengan saus kemiri. Tentunya, sate Ponorogo ini sangat lezat dan sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke kota Ponorogo.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi Sate Ponorogo.

  1. Sate Ayam H. Tukri Sobikun
Baca Yuk:  Mencicipi Kelezatan Kuliner Di Tuban

Sate Tukri Sobikun terletak di jalan Lawu Gg. Sate No.43K, Hasanudin, Nologaten, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo. Warung sate ini merupakan warung legendaris, karena sudah berdiri sejak tahun 1975. Warung sate Tukri Sobikun sangat ramai oleh pengunjung dan terkenal bahkan hingga dikalangan para pejabat. Sate ayam ini termasuk jenis gang sate yang disajikan dengan potongan daging ayam yang besar, namun terasa empuk serta bumbu kacangnya memiliki rasa yang manis dan gurih. Warung sate ini buka setiap hari Senin sampai Minggu, pukul 06.00 – 20.00.

  1. Sate Ayam Ngepos

Sate ayam Ngepos atau sering disebut sate ayam Purbosuman, berlokasi di Kantor Pos Ponorogo. Sate ayam Ngepos ini menyajikan daging ayam dengan cara dibakar dengan bumbu kecap dan rempah-rempah. Sambal kacang yang disajikan memiliki rasa yang pedas dan asin. Sate ayam Ngepos ini memiliki beberapa penjual sate yang berasa dari kelurahan Purbosuman. Empat diantaranya adalah sate ayam Ngepos Pak Yatno, sate ayam Pak Kaderi, sate ayam pak Mesiran, sate ayam Pak Koris, dan masih banyak lagi penjual lainnya.

  1. Sate Ayam Setono
Baca Yuk:  Ranu Manduro: Wisata di Mojokerto yang Tak Boleh Dilewatkan

Sate ayam Setono adalah sate yang berasal dari Desa Setono dan disebut sebagai kampung sate, karena mayoritas disana merupakan pembuat sate. Sate ayam Setono ini memiliki ciri khas yaitu hanya buka mulai sore hingga malam, dan dikenal sebagai sate ayam kaki lima dengan gerobak yang bernuansa hijau. Sate ayam ini dimasak dengan cara diungkep dengan bumbu rempah-rempah sehingga menghasilkan warna yang kekuningan, dan sambal kacangnya memiliki warna yang lebih cerah.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner Sate Ponorogo. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Ponorogo dan mencicipi kuliner khas Ponorogo, kami memiliki solusi untuk perjalanan Anda. Prioritas Sarana Transport merupakan jasa sewa mobil dengan driver professional di Surabaya. SIlahkan menghubungi marketing kami melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.

Baca Yuk:  Tempat Camping di Malang: Bumi Perkemahan Bedengan

Sumber : www.detik.com/jatim