Fungsi radiator

Radiator sangat penting untuk menjaga suhu mesin agar tetap stabil. Radiator berfungsi untuk mendinginkan udara panas yang berasal dari silinder mesin saat terjadi proses pembakaran. Hal tersebut terjadi ketika mesin dinyalakan.

Untuk dapat memaksimalkan kinerja dari radiator, dibutuhkan elemen lain yang disebut coolant atau cairan pendingin. Coolant dapat membantu meredakan panas pada dinding silinder. Cairan pendingin ini harus memiliki ketahanan suhu yang tinggi agar dapat efektif dalam menurunkan suhu mesin.

Beberapa masalah yang menjadi penyebab radiator mobil mengalami kerusakan

  1. Overheating yaitu kondisi mesin yang mengalami kenaikan suhu secara berlebih.
  2. Volume air pendingin yang cepat berkurang
  3. Selang radiator yang mengalami kebocoran
  4. Tetesan air d bawah bumper merupakan tanda adanya masalah pada sistem pendingin
  5. Korosi pada radiator
Baca Yuk:  Rekomendasi Kuliner Soto Khas Semarang Yang Menggugah Selera

Cara kerja radiator

Air radiator dibagi menjadi tiga bagian yaitu radiator core, inlet tank, dan outlet tank. Radiator core merupakan bagian rongga saluran dengan lempengan pelat tipis. Untuk inlet dan outlet tank berfungsi sebagai tempat penampungan air dan juga sebagai titik sirkulasi air mesin. Hal tersebut disebabkan karena mesin tidak mampu menangani masalah kenaikan suhu yang sering terjadi saat mesin dinyalakan.

Itulah fungsi dari air radiator mobil yang wajib Anda ketahui. Bagi Anda yang membutuhkan sewa mobil dengan driver, kami memiliki solusinya. Prioritas Sarana Transport merupakan jasa sewa mobil di Surabaya. SIlahkan menghubungi marketing kami melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.    

Baca Yuk:  Destinasi Wisata Surabaya Di Jalan Tunjungan