Kabupaten Lumajang termasuk dalam provinsi Jawa Timur. Setiap daerah tentu memiliki makanan khasnya masing-masing, begitu pun dengan Lumajang. Kabupaten Lumajang memiliki berbagai macam makanan khas.

  1. Sego Kelor

Sego Kelor atau nasi kelor adalah makanan khas Kabupaten Lumajang. Sego kelor bahkan memenangkan penghargaan dalam Festival Makanan Khas Jawa Timur tahun 2022. Kuliner ini tidak hanya lezat, tetapi juga sangat bergizi dan sehat bagi tubuh. Dikutip dari laman Surya Travel, kuliner sego kelor memiliki kandungan vitamin A, zat besi yang tinggi, serta anti oksidan yang bermanfaat untuk mengantisipasi jaringan kanker di tubuh. Sego kelor terbuat dari bahan sayur kelor yang menyehatkan. Tidak heran nasinya berwarna hijau. Tidak hanya itu saja, terdapat juga beragam lauk seperti ayam suwir, perkedel, kering tempe, daging, oseng-oseng pare, dan sambal.

  1. Lontong Petis
Baca Yuk:  Mengenal Keunikan Makanan Khas Jepara

Lontong petis khas Lumajang ini terdiri atas lontong atau kupat yang disajikan dengan tahu dan sayuran. Lontong kemudian disiram dengan bumbu petis yang lezat. Lontong petis memiliki cita rasa yang gurih dan ditambah dengan taburan bawang goreng serta kerupuk, sehingga terasa lebih nikmat. Kuliner lontong petis ini hampir mirip seperti tahu tek.

  1. Pecel Godong Telo

Pecel di Kabupaten Lumajang berbeda dengan pecel yang berasal dari daerah lain. Biasanya pecel menggunakan isian kangkung, taoge, kol, bayam, dan bumbu kacang. Namun, pecel khas Lumajang ini berisi ubi atau telo, semanggi, jantung pisang, genjer, kacang panjang, dan taoge. Yang membedakan lagi yaitu pada bumbunya, pecel khas Lumajang ini mengunakan bumbu dengan perpaduan antara ubi dan kacang.

  1. Rujak Otek
Baca Yuk:  Kota Lama Semarang: Wisata Semarang Yang Wajib Anda Kunjungi

Rujak Otek adalah kuliner khas Lumajang yang sangat terkenal bahkan termasuk kedalam Festival makanan di Lumajang yaitu, Festival Rujak Otek. Rujak otek menggunakan bumbu petis merah Madura, sehingga menghasilkan cita rasa manis, asin, dan gurih. Rujak otek menggunakan isian pepaya muda, taoge, kacang panjang, serta lontong.

Selain keempat kuliner tersebut, masih banyak lagi kuliner khas yang dapat Anda temukan di Lumajang. Untuk Anda yang ingin mencicipi kelezatan makanan khas Lumajang, Prioritas Sarana Transport akan mendukung perjalanan Anda. Prioritas Sarana Transport menyediakan jasa sewa mobil dengan driver di Surabaya. Silahkan hubungi marketing kami melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.