Kota Solo memiliki banyak makanan khas yang sangat lezat. Timlo merupakan salah satu kuliner khas Solo yang sangat popular. Timlo termasuk jenis makanan berkuah seperti sup, yang terdiri dari banyak isian.

Asal Usul Timlo

Timlo adalah makanan yang berasal dari China. Dikutip dari laman Kemdikbud, timlo pertama kali dikenalkan oleh pedagang China dengan nama kimlo. Kemudian lama-kelamaan nama kimlo berubah menjadi timlo.

Awalnya timlo menggunakan bahan dasar daging babi. Namun, seiring berjalannya waktu timlo diubah dan disesuaikan, sehingga mengunakan telur dan daging ayam. Dikutip dari laman Solopos, Timlo berisi sosis solo, jamur, wortel, kentang, dan diberi kuah bening.

Rekomendasi Timlo Di Solo

Untuk Anda yang sedang berkunjung ke kota Solo, berikut ini adalah rekomendasi tempat makan timlo yang terkenal enak di Solo.

  1. Timlo Sastro
Baca Yuk:  Liburan Seru Di Wisata Semarang, Saloka Theme Park

Timlo Sastro sudah berdiri sejak tahun 1952 hingga saat ini. Timlo Sastro memiliki cita rasa yang khas dan lezat, dan rasanya tetap konsisten sehingga tempat makan ini selalu ramai dikunjungi. Saat ini, Timlo Sastro memiliki 2 cabang. Yang pertama lokasinya berada di jalan Abdul Muis No.32A, Kepatihan Kulon, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Sedangkan cabang kedua berada di jalan Dr. Wahidin No.30, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Timlo di tempat makan ini berisi sosis solo, ati ampela, dan telur bebek pindang yang sangat khas.

  1. Timlo Maestro

Tempat makan timlo yang satu ini sangat terkenal enak. Bahkan Timlo Maestro menjadi favorit Presiden Jokowi saat berada di Solo. Tidak heran Timlo Maestro sangat terkenal dan selalu ramai dikunjungi. Lokasinya berada di jalan K.H Ahmad Dahlan No.60, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Timlo Maestro buka setiap hari pukul 18.00 – 00.00 WIB.

  1. RM Timlo Solo
Baca Yuk:  Destinasi Wisata Di Batu: Batu Love Garden

RM Timlo Solo terletak di jalan Jend. Urip Sumoharjo No.94, Purwodiningratan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1979, dan hingga saat ini rasanya tidak berubah dan tetap lezat. Rumah makan ini menyajikan menu timlo komplit, timlo solo telur, dan timlo solo biasa. Tidak hanya timlo saja, rumah makan ini juga menyajikan aneka masakan Nusantara, khususnya yang berasal dari Jawa Tengah. Misalnya seperti nasi liwet solo, gudeg Jogja, nasi langgi, nasi rames, rawon, nasi uduk, nasi pecel, racikan selat, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa rekomendasi tempat makan timlo kuliner khas Solo. Masih banyak lagi rekomendasi kuliner khas Solo yang lainnya. Bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner timlo, kami menyediakan jasa sewa mobil untuk mendukung perjalanan Anda. Silahkan hubungi marketing kami melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.

Baca Yuk:  Mencicipi Kelezatan Kuliner Di Tuban