Nganjuk adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur. Kabupaten Nganjuk yang dikenal sebagai kota angin. Selain dikenal sebagai kota angin, Nganjuk juga dikenal sebagai kota penghasil bawang merah. Kabupaten Nganjuk juga memiliki makanan khas yang lezat. Berikut ini beberapa kuliner khas Nganjuk yang wajib Anda cicipi.

  1. Nasi Becek

Nasi Becek adalah kuliner legendaris yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, yaitu tahun 1915. Nasi Becek atau sego becek berasal dari Bahasa Jawa yang berarti nasi lembek. Nasi becek menggunakan bahan utama daging kambing, rempah-rempah, dan santan. Nasi Becek sekilas hampir terlihat mirip seperti gulai kambing. Namun, nasi becek berbeda karena memiliki cita rasa yang cenderung manis. Selain itu, nasi becek juga terdiri atas jeroan dan sate kambing. Sehingga kuliner khas Nganjuk yang satu ini sangat unik dengan ciri khas nya yang Istimewa.

  1. Nasi Tumpang
Baca Yuk:  Kota Lama Semarang: Wisata Semarang Yang Wajib Anda Kunjungi

Nasi tumpang atau pecel tumpang adalah makanan khas Nganjuk. Dikutip dari laman Kompasiana, nasi tumpang biasanya disajikan dalam dua pilihan menu yaitu sambal pecel dan juga sayur tumpang. Tumpang sendiri adalah sayur yang terbuat dari tempe yang di fermentasikan dan dicampur dengan cabai, santan, daun salam, serta daun jeruk. Untuk isian nasi tumpang biasanya disajikan dengan aneka sayur rebus dan rempeyek. Nasi tumpang memiliki cita rasa gurih, pedas dan bumbu yang sedap menambah kenikmatan.

  1. Sego Banting

Sego banting hampir mirip seperti nasi kucing, namun porsinya jauh lebih banyak dibandingkan nasi kucing. Sego banting terdiri dari nasi, tempe, tahu, sayuran, dan rempeyek. Sego banting juga disajikan dengan sambal yang terbuat dari cabai, bawang putih, dan terasi. Selain itu, terdapat juga lalapan timun dan kemangi.

  1. Nasi Jagung
Baca Yuk:  Mengungkap Daya Tarik Lokawisata Baturraden Banyumas

Kuliner nasi jagung banyak ditemui di wisata Air Terjun Sedudo. Bahkan kuliner ini menjadi ikon dari Air Terjun Sedudo. Kuliner ini terbuat dari bahan utama jagung dan beras. Nasi jagung ini biasanya disajikan dengan wadah pincuk yang terbuat dari daun pisang. kuliner ini biasnaya terdiri atas sayuran matang, sambal kelapa, ikan asin, dan rempeyek.

Beberapa kuliner tersebut dapat Anda nikmati saat berkunjung ke Nganjuk. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Nganjuk menggunakan jasa sewa mobil dan driver, Prioritas Sarana Transport merupakan solusinya. Silahkan hubungi marketing kami melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.