Overheat adalah suatu kondisi mesin mobil mengalami suhu yang terlalu tinggi. Suhu tersebut melebihi batas normal dan menyebabkan mesin mobil menjadi panas. Hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen mesin mobil.

Mobil overheat sangat berbahaya karena dapat menyebabkan beberapa dampak yang cukup parah bagi keselamatan Anda. Dikutip dari laman Auto2000, berikut ini adalah dampak dari mobil yang mengalami overheat.

  1. Kepala silinder ruang bakar melengkung

Kepala silinder yang melengkung merupakan masalah serius pada mobil yang disebabkan oleh overheat. Kepala silinder melengkung dapat mengakibatkan kompresi mobil bocor hingga air radiator masuk ke ruang bakar. Sehingga proses pembakaran menjadi tidak berjalan dengan optimal.

  1. Turun mesin

Mobil overheat ternayata dapat menyebabkan turun mesin. Turun mesin atau overhaul adalah pembongkaran mesin mobil untuk melakukan pemeriksaan, perbaikan, ataupun penggantian komponen yang rusak.

  1. Mobil mati mendadak
Baca Yuk:  Mencicipi Makanan Khas Banyumas Yang Lezat

Overheat dapat menyebabkan mobil mati mendadak. Akan sangat beresiko jika mesin mati mendadak ketika Anda berkendara.

Untuk meminimalisir dampak negatif yang terjadi, Anda perlu mengetahu tanda-tanda bahwa mesin mobil Anda mengalami overheat. Berikut ini adalah beberapa tanda mobil overheat:

  1. Kipas radiator rusak

Kipas radiator berfungsi sebagai pendingin mesin mobil agar membantu aliran udara melewati radiator. Apabila kipas radiator mengalami kerusakan, maka berdampak pada penurunan mesin sehingga mesin mobil menjadi overheat.

  1. Tutup radiator rusak

Tutup radiator berfungsi untuk memelihara tekanan di dalam radiator agar tidak menguap atau mendidih. Tutup radiator yang rusak menyebabkan coolant radiator menetes, mengakibatkan suhu mesin menjadi lebih panas.

  1. Thermostat rusak

Thermostat adalah komponen yang mendeteksi suhu mesin kendaraan. Thermostat berfungsi untuk mengatur suhu agar berada di batas normal dan tidak terjadi overheat.

  1. Penggunaan oli yang tidak sesuai
Baca Yuk:  Mengenal Kuliner Jogja Brongkos dan Rekomendasi Tempat Makan

Menggunakan oli yang tidak sesuai spesifikasi dapat menyebabkan overheat. Hal tersebut terjadi karena oli tidak dapat melumasi bagian mesin sehingga menghasilkan gesekan yang begitu besar.

Oleh karena itu, untuk mengatasi mesin mobil yang mengalami overheat, Anda perlu melakukan beberapa hal ini:

  1. Matikan mesin mobil

Ketika mobil mengalami tanda-tanda overheat, Anda perlu segera mematikan mesin mobil. Hal ini untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada mobil.

  1. Buka kap mesin

Setelah mesin mobil dimatikan, membuka kap mobil berguna untuk mengurangi suhu panas agar tidak terperangkap dalam mesin mobil.

  1. Periksa radiator

Hindari membuka tutup radiator saat mesin mobil overheat. Hal tersebut menyebabkan cairan panas pada radiator menjadi mengenai Anda. Oleh karena itu, Anda dapat membuka mesin radiator setelah mesin dingin.

  1. Periksa cadangan air radiator
Baca Yuk:  Mengenal Ragam Kuliner Khas Magetan

Air radiator yang berkurang atau habis dapat menyebabkan overheat. Pastikan selalu air radiator agar tidak berkurang, karena berbahaya bagi mesin mobil.

Itulah beberapa cara mengatasi mobil overheat. Untuk mencegah terjadinya overheat, Anda perlu melakukan pemeriksaan dan pengecekan secara berkala, sehingga dapat segera menemukan penyebab kerusakan pada komponen-komponen mesin.

Prioritas Sarana Transport selalu memastikan setiap armada dengan rutin melakukan pemeriksaan secara berkala. Untuk Anda yang membutuhkan jasa sewa mobil dengan driver di Surabaya, silahkan hubungi marketing kami melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.