Kuliner gudeg tidak hanya berasal dari Jogja saja, melainkan terdapat juga gudeg yang berasal dari Solo. Gudeg Jogja dengan gudeg solo memiliki ciri khasnya masing-masing. Walaupun gudeg Solo berbeda dengan gudeg Jogja,namun kuliner khas Solo ini rasanya tetap lezat dan wajib untuk Anda coba.

Siapa yang tidak tergoda oleh aroma makanan lezat ketika sedang berada di perjalanan? Saat musim mudik tiba, makan-makanan kuliner khas solo jelas tak boleh dilewatkan. Pasalnya ada banyak makanan yang siap memuaskan lidah dan perut Anda. Cita rasa aslinya pun tak bisa selalu Anda nikmati ketika nantinya harus kembali pulang ke rumah. 

Dari hidangan berkuah yang hangat hingga camilan yang gurih, Solo pasti punya sesuatu untuk memenuhi keinginan setiap lidah. Mari telusuri bersama rekomendasi kuliner khas Solo yang wajib Anda coba saat berada di kota ini.

Di pusat kota Surakarta, wisatawan bisa dengan mudah menemukan aneka macam makanan khas Solo. Makanan khas Solo yang wajib dicoba adalah sate kere, serabi, gudeg, nasi liwet, lenjongan, dan masih banyak lagi.

Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang cocok buat kulineran. Ada banyak makanan khas Solo legenda dan sudah dijajakan secara turun temurun. Soal rasa? Sudah pasti maknyus dan bikin nagih wisatawan.

Perihal harga tidak perlu khawatir, Solo dikenal sebagai kota paling murah biaya hidupnya, jadi soal harga pasti aman di kantong para pelancong. Selain wajib kulineran dengan mencicipi makanan khas Solo, berwisata di tempat-tempat bersejarah juga bisa dimasukkan dalam daftar liburanmu di kota ini loh.

Baca Yuk:  Menyelami Ragam Kuliner Khas Kediri

Perbedaan Gudeg Solo dengan Gudeg Jogja

  1. Cita rasa

Gudeg Jogja dikenal memiliki cita rasa yang manis. Sedangkan gudeg Solo memiliki cita rasa yang tidak terlalu manis, dan lebih gurih. Gudeg Solo ini sangat cocok bagi Anda yang tidak terlalu menyukai makanan manis.

  1. Bahan isian

Perbedaan selanjutnya terletak pada isian gudeg. Jika gudeg Jogja disajikan dengan bahan isian seperti Nangka muda, daging ayam, tempe dan tahu bacem, telur, dan krecek pedas. Sedangkan gudeg Solo disajikan dengan isian ceker, daun singkong, dan kacang tholo. Bahkan ada juga yang disajikan dengan bubur seperti bubur sumsum.

  1. Warna dan kuah

Gudeg Jogja adalah gudeg kering dengan warna kecoklatan. Hal ini disebabkan karena daun jati yang dimasak dengan nangka. Sedangkan gudeg Solo berkuah dan berwarna keputihan.

Rekomendasi Gudeg terkenal di Solo

Setelah membahas mengenai perbedaan antara gudeg Jogja dan gudeg Solo, Anda wajib mencoba sendiri dan merasakan perbedaannya secara langsung. Apalagi saat berkunjung ke kota Solo, dan bingung ingin mencari kuliner khas Solo ini, maka berikut ini Prioritas Sarana Transport akan merangkumkan beberapa rekomendasi gudeg Solo yang terkenal.

  1. Gudeg Ceker Bu Kasno
Baca Yuk:  Jenis-Jenis Aki Mobil & Tanda Aki Melemah

Gudeg Ceker Bu Kasno merupakan kuliner gudeg yang legendaris dan sudah berdiri sejak tahun 1970an. Lokasinya berada di Jalan Wolter Monginsidi No.41-43, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Gudeg ini memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan gurih. Cekernya lembut dan empuk menambah kenikmatan. Selain itu, tersedia pilihan nasi atau bubur. Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno buka setiap hari Senin sampai hari Minggu, pukul 01.30 – 07.00 dan 13.00 – 23.00.

Salah satu makanan khas Solo yang wajib dicoba ada gudeg ceker. Wisatawan bisa mengunjungi warung Gudeg Ceker Bu Karso Margoyudan untuk mencicipi gudeg dengan cita rasa Solo. Gudeg yang satu ini memang terkenal dengan cekernya yang menggugah selera.

Namun, hal lain yang membuat warung gudeg ini unik adalah gudeg ceker Margoyudan ini hanya buka pada saat dini hari saja, tepatnya buka pada pukul 01.00 dini hari. Gudeg ceker Margoyudan berlokasi di Jalan Monginsidi, Mergoyudan, Surakarta, tepat di depan Gereja Kristen Jawa, dan SMA Negeri 1 Surakarta.

  1. Gudeg Bu Mari

Gudeg Bu Mari memiliki cita rasa yang berbeda, dengan rasa gurih dan pedasnya yang menggiurkan. Tidak heran warung Gudeg Bu Mari ini sangat terkenal di kalangan tokoh dan artis nasional. Warung gudeg ini bahkan sudah buka sejak tahun 1959. Warungnya sangat sederhana, meskipun begitu rasa gudegnya tidak kalah lezat jika dibandingkan dengan yang lainnya. Warung Gudeg Bu Mari terletak di jalan Gatot Subroto, Kemlayan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

  1. Gudeg Mbak Yus
Baca Yuk:  Mengenal Kuliner Jogja Brongkos dan Rekomendasi Tempat Makan

Gudeg Mbak Yus ini memiliki dua cabang, yang pertama terletak di jalan RA Kartini No.12, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. Sedangkan untuk cabang kedua terletak di Jalan Tejonoto 3 No.3, Joyosuran, Kota Surakarta. Gudeg yang disajikan sangat lezat, bahkan menjadi gudeg langganan Presiden Joko Widodo. Selain gudeg, tersedia juga gudeg dengan berbagai pilihan lauk, ayam goreng, dan ketan.

Bagi Anda yang ingin berwisata dan mencicipi kuliner khas Solo, tidak ada salahnya untuk mencicipi gudeg Solo yang sangat lezat ini. Kami menyediakan jasa sewa mobil dengan driver untuk mendukung perjalanan Anda. Untuk informasi mengenai harga sewa mobil, silahkan hubungi marketing kami melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.

Sumber : www.idntimes.com