Saat akan mengendarai mobil, hal yang paling penting yang harus diperhatikan adalah penggunaan rem mobil. Rem mobil merupakan komponen penting yang ada pada mobil, dan memiliki fungsi penting untuk keselamatan Anda. Tidak hanya bermanfaat untuk keselamatan kita saja, pengguna jalan lainnya pun juga dapat merasakan manfaat yang sama.

Rem sendiri memiliki fungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan. Jika rem rusak, Anda akan sulit untuk mengendalikan laju mobil, bahkan tidak dapat menghentikannya pada waktu yang tepat. Dengan bersikap ceroboh dan mengabaikan betapa pentingnya perawatan komponen yang satu ini, bisa saja Anda akan celaka.

Pengertian Rem Blong

Beberapa masalah yang dapat terjadi pada rem mobil, salah satunya adalah masalah rem mobil blong. Rem blong adalah suatu kondisi dimana rem mobil tidak dapat berfungsi dengan baik atau bahkan sama sekali tidak berfungsi. Hal tersebut dapat menyebabkan masalah yang serius. Oleh karena itu, Anda perlu waspada dan mengantisipasi terjadinya rem blong. Pertama-tama, yang perlu Anda ketahui adalah penyebab mobil mengalami rem blong.

Penyebab Rem Blong

Dilansir dari laman Auto 2000, berikut ini adalah beberapa penyebab mobil mengalami rem blong.

  1. Kebocoran minyak rem
Baca Yuk:  Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Madura

Minyak rem berfungsi sebagai pelumas yang akan menekan piston dan kampas untuk menjepit piringan cakram atau tromol. Gesekan yang terjadi akan menghentikan laju kendaraan. Kebocoran minyak rem dapat mengakibatkan berkurangnya minyak rem. Minyak rem yang berkurang akan menyebabkan sistem pengereman menjadi sulit untuk dikontrol sehingga terjadi rem blong.

  1. Piston rem rusak

Piston rem adalah komponen yang terdapat pada sistem pengereman mobil. Piston rem berfungsi untuk memberikan dorongan atau tekanan pada kampas rem saat pengereman. Proses pengereman dikendalikan oleh pedal rem. Sehingga saat menekan pedal rem, maka laju mobil akan melambat dan berhenti. Oleh karena itu, jika piston rem rusak, maka rem tidak dapat bekerja dengan baik sehingga mengakibatkan rem menjadi blong. Selain itu, pada bagian dalam piston rem terdapat seal piston yang berfungsi untuk mencegah kebocoran pada minyak rem dan menarik rem saat pengereman dilakukan. Jika seal piston rusak, juga dapat mengakibatkan rem mobil blong.

  1. Rem terlalu panas

Penggunaan rem secara terus-menerus atau menginjak pedal rem dalam waktu yang lama dapat menyebabkan rem mobil blong. Hal tersebut mengakibatkan minyak rem yang menjadi panas (vapor lock) dan kampas rem meleleh atau menjadi tidak berfungsi (brake fade). Brake fade dapat terjadi sewaktu Anda melewati jalanan menurun yang terlalu sering sekaligus saat membawa beban berat.

Baca Yuk:  Tips Agar Tidak Mabuk Saat Naik Mobil, Tanpa Minum Obat

Tanda Rem Blong

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, Anda juga perlu mengetahui seperti apa ciri-ciri saat rem mobil blong.

  1. Pedal rem menjadi ringan

Pedal rem yang terasa ringan disebabkan karena kehabisan minyak rem. Jika minyak rem habis, maka saat menginjakan pedal rem akan terasa ringan.

  1. Rem tertarik ke sisi lain

Ketika rem diinjak, mobil terasa miring ke arah kanan atau kiri. Hal ini terjadi karena pergerakan setir terdorong ke arah yang berlawanan dengan keinginan Anda, sehingga Anda harus berusaha menahan agar mobil tidak ikut belok.

  1. Rem bergetar

Getaran pada rem bisa terjadi karena piringan cakram atau teromol rem yang tidak rata. Keadaan ini dapat mengurangi kinerja rem dan mengakibatkan kehilangan tekanan saat digunakan dalam kondisi beban berat.

  1. Suara gesekan

Komponen yang mengalami keausan seperti sepatu atau kampas rem dapat menyebabkan rem mobil blong karena gesekan antara piringan cakram atau drum dengan pegangan kampas rem terjadi setelah keausan kampas rem habis. Akibatnya, panas yang dihasilkan dapat menyebabkan kehilangan daya cengkeram pada rem, yang pada akhirnya menyebabkan sistem rem mengalami kegagalan fungsi dan menjadi blong.

Baca Yuk:  Tips Mengemudikan Mobil Matik Ketika Macet

Untuk mengatasi rem blong, Anda dapat menurunkan gigi secara bertahap ke yang lebih rendah, dan gunakan rem tangan. Selain itu, lakukan perawatan dan penggantian pada komponen sistem pengereman mobil, untuk mencegah kerusakan yang akan terjadi.

Untuk Anda yang membutuhkan jasa sewa mobil dengan driver di Surabaya, Prioritas Sarana Transport merupakan solusinya. Kami selalu memastikan armada yang digunakan dalam keadaan terawatt, sehat, dan bersih. Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga sewa mobil, silahkan hubungi marketing kami melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.

Sumber : www.astra-daihatsu.id