Sego Cawuk adalah makanan khas kota Banyuwangi. Sego cawuk berasal dari Bahasa Jawa, yaitu sego yang berarti nasi dan cawuk berarti makan dengan tangan. Makanan khas Banyuwangi yang satu ini sangat unik dan cocok untuk dinikmati saat sarapan.

Mengenal Sego Cawuk

Sego cawuk merupakan nasi yang dicampur kuah dan disajikan dengan bungkus daun pisang. Sego cawuk ini sangat unik dikarenakan disajikan dengan kuah pindang. Kuah cawuk berisi parutan kelapa muda, jagung, dan timun. Kuah ini berwarna hitam pekat dengan rasa yang manis berasal dari campuran santan dan jagung.

Selain itu sego cawuk juga sangat unik karena terdapat juga kuah pindang yang terasa gurih. Sehingga campuran kuah dengan kuah pindang ini menghasilkan cita rasa yang manis dan gurih. Biasanya, sego cawuk disajikan dengan pepes ikan laut, telur pindang, tahu cacah, daun semanggi, dan sambal.

Baca Yuk:  Ragam Oleh-Oleh Khas Bali yang Harus Anda Coba

Rekomendasi Warung Sego Cawuk Legendaris Di Banyuwangi

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat untuk menikmati makanan khas Banyuwangi yaitu sego cawuk.

  1. Nasi Sego Cawuk Bu Mantih

Nasi Sego Cawuk Bu Mantih merupakan warung legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1972. Warung sego cawuk yang satu ini berlokasi di jalan KH. Wahid Hasyim, Pancoran Kulon, Rogojampi, Kec. Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi. Cita rasa yang dhasilkan sangat pas, mulai dari manis, gurih, dan asam. Nasi disajikan dengan kuah parutan kelapa, kuah pindang, dan kuah bumbu rujak. Dengan berbagai lauk seperti dendeng, telur, krecek, aneka pepes, dan masih banyak lagi.

  1. Sego Cawuk Bu Sri
Baca Yuk:  Menikmati Keindahan Wisata Curug Bayan Banyumas

Sego Cawuk Bu Sri ini sangat terkenal enak dan merupakan favorit masyarakat Banyuwangi. Warung sego cawuk ini sudah ada sejak tahun 1993. Warung sego cawuk ini terletak di jalan Kyai Saleh No.14, Kepatihan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Warung ini selalu ramai oleh pengunjung, sehingga seringkali masakannya selalu ludes diburu pengunjung. Warung sego cawuk buka setiap hari Senin sampai hari Minggu, pukul 05.30 – 10.30.

  1. Warung Sego Cawuk Bu Aini

Warung sego cawuk Bu Aini terletak di jalan R. A. Kartini, Kepatihan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Warung sego cawuk ini bahkan sudah berdiri sejak tahun 1990. Sangat cocok untuk dinikmati saat sarapan, dengan jam buka 06.00 – 10.00. Warung ini terkenal memiliki sambal belimbing wuluh yang mantap. Selain menu sego cawuk, terdapat juga menu nasi kuah pindang dan nasi kuah trancam.

Baca Yuk:  Mengenal Kuliner Jogja Brongkos dan Rekomendasi Tempat Makan

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Banyuwangi yaitu sego cawuk yang lezat. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Banyuwangi dan mencicipi kulinernya dengan jasa sewa mobil, maka Prioritas Sarana Transport merupakan solusinya. Prioritas Sarana Transport adalah jasa sewa mobil dengan driver di Surabaya. Silahkan hubungi marketing kami melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.

Sumber : www.liputan6.com