Untuk mempertahankan dan mencegah kerusakan pada mobil, Anda perlu memanaskan mobil. Walaupun tidak wajib untuk melakukannya setiap hari, namun sesekali Anda perlu memanaskan mobil Anda.

Dikutip dari laman Auto2000, mobil keluaran lama harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. Tujuannya untuk menjaga agar kondisi mesin atau komponen yang lainnya dapat bekerja dengan optimal.

Untuk mobil injeksi pemanasan tidak perlu dilakukan dalam waktu yang lama, karena mobil hanya butuh waktu singkat untuk oli mobil melumasi seluruh mesin, tidak seperti mobil karburator yang membutuhkan waktu lama.

Pentingnya Memanaskan Mobil

Oleh karena itu, untuk mengetahui seberapa penting melakukan pemanasan mobil Anda, maka berikut ini adalah beberapa alasannya pentingnya memanaskan mobil Anda.

  1. Menghindari kebocoran kompresi

Beberapa bagian mesin sengaja dibuat tidak presisi, namun ketika dipanaskan, posisinya akan lebih presisi. Ketika mobil tidak dihidupkan dalam jangka waktu yang lama, komponen tidak presisi tersebut berpotensi menjadi sumber kebocoran. Sehingga kebocoran ini dapat menyebabkan masalah pada ruang bakar.

  1. Menghindari mesin aus
Baca Yuk:  Sewa Mobil Innova Reborn Surabaya Sidoarjo Gresik Malang Kediri Agustus 2024

Setiap komponen mesin membutuhkan oli sebagai pelumas ketika bergerak. Jika mobil tidak dipanaskan, bagian celah dari mesin akan mengering karena oli hanya ada di tempat tampungan saja tanpa melumasi semua bagian mesin. Hal tersebut mengakibatkan mesin menjadi cepat aus dan menimbulkan suara berisik ketika dinyalakan. Kerusakan komponen mesin dapat terjadi karena gesekan akibat oli kering.

  1. Mengisi daya aki

Aki berfungsi sebagai komponen penyimpan energi. Aki kan melemah seiring dengan berjalannya waktu apabila mesin mobil tidak dihidupkan dalam waktu yang cukup lama. Salah satu tujuan memanaskan mobil adalah untuk meningkatkan daya listrik yang tersimpan di dalam aki. Daya tersebut dapat berkurang apabila mesin tidak dihidupkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memanaskan kendaraan Anda agar aki dapat tetap beroperasi dengan baik.

Baca Yuk:  Mengenal Komponen Wiper Mobil & Cara Merawatnya

Tips Memanaskan Mobil

Untuk Anda yang ingin mengetahui cara memanaskan mobil dengan baik dan benar, maka berikut ini adalah tips memanaskan mobil.

  1. Hindari memanaskan mobil saat idle

Idle adalah diam, yaitu kondisi di mana energi yang digunakan hanya sedikit atau ketika kendaraan berjalan pelan. Selain itu, idle juga dapat diartikan kondisi di mana mesin memiliki putaran yang normal serta gas tidak dalam keadaan ditekan atau yang bisa disebut dengan RPM. Sebaiknya Anda melakukan pemanasan dalam keadaan mengendarai, karena saat posisi idle menyebabkan mesin menjadi cepat panas. Selain itu, ada banyak komponen seperti transmisi yang memerlukan gerakan.

  1. Hindari menyalakan AC

Saat akan menyalakan mesin dan memanaskan mobil, Anda perlu membuka jendela daripada langsung menyalakan AC.

  1. Menggunakan Semua Tombol

Ketika memanaskan mesin mobil, penting untuk mengaktifkan semua tombol pada kendaraan untuk memastikan semua fungsi berjalan dengan baik. Periksa setiap komponen yang terhubung dengan tombol tersebut untuk memastikan tidak ada masalah yang terjadi.

  1. Periksa indikator mobil
Baca Yuk:  Destinasi Wisata Di Batu: Batu Love Garden

Pastikan semua indikator berfungsi dengan baik. Jika Anda mengalami masalah seperti mobil tidak mau menyala, bunyi mesin kasar, atau indikator yang mati saat memanaskan mobil, Anda dapat membawanya ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan.

Sangat penting untuk mengetahui alasan memanaskan mesin mobil dan tips memanaskan mobil dengan baik dan benar. Untuk Anda yang membutuhkan jasa sewa mobil dengan driver di Surabaya, Prioritas Sarana Transport adalah solusinya. Silahkan hubungi marketing kami melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.

Sumber : www.suzuki.co.id