Dataran Tinggi Dieng memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga ataupun teman-teman. Dieng terletak diketinggian 2.090 mdpl. Dieng dikelilingi oleh beberapa gunung, yaitu Gunung Prau, Gunung Bisma, Gunung Sipandu dan Gunung Sindoro.

Salah satu destinasi wisata di Dataran Tinggi Dieng yang sangat terkenal dikalangan wisatawan yang datang berkunjung adalah Bukit Sikunir. Tidak hanya Bukit Sikunir saja yang dapat dikunjungi, masih banyak destinasi wisata Dieng yang bisa Anda kunjungi. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata Dataran Tinggi Dieng yang dapat anda  kunjungi.

  1. Telaga Warna Dieng

Telaga Warna adalah salah satu destinasi wisata yang berada dikawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dikutip dari laman Disparbud Wonosobo, nama Telaga Warna diberikan karena warna air dari telaga tersebut sering berubah-ubah. Warnanya bisa berubah menjadi hijau dan kuning atau bahkan berwarna-warni. Hal ini terjadi karena air telaga mengandung sulfur yang cukup tinggi, sehingga saat terkena sinar matahari mengakibatkan warna air telaga tampak berwarna-warni. Telaga Warna Dieng buka pukul 06.30 – 16.00 WIB. Harga tiket masuknya untuk wisatawan domestic dikenai biaya Rp 22.500, sedangkan untuk wisatawan asing dikenai biaya sebesar Rp 163.500.

  1. Telaga Menjer
Baca Yuk:  Rekomendasi Kuliner di Kota Lama Semarang

Selain Telaga Warna, terdapat juga telaga lain yang dapat menjadi destinasi wisata Dieng Anda selanjutnya yaitu Telaga Menjer. Telaga Menjer terletak di Desa Maron, Kecamatan Garung, Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga Menjer merupakan danau terluas di kaki Dieng dengan kedalaman 45 meter. Telaga Menjer buka pukul 08.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuknya sangat terjangkau yaitu Rp 5000 per orang.

  1. Kawah Sikidang

Terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur Besar, Kabupaten Banjar Negara, Jawa Tengah. Dikutip dari laman Disporapar Propinsi Jawa Tengah, Kawah Sikidang merupakan kawah vulkanik yang masih aktif di Dieng. Uap air dan lava berwarna kelabu selalu bergemulak muncul berpidah-pindah dan melompat seperti seekor kijang atau disebut kidang. Itulah sebabnya kawah ini dikenal dengan nama Kawah Sikidang. Kawah Sikidang buka pukul 7.00 – 16.00 WIB. Harga tiket masuk Kawah Sikidang sangat terjangkau yaitu Rp 10.000 per orang.

  1. Batu Ratapan Angin
Baca Yuk:  Pesona Wisata Karimunjawa Yang Menakjubkan

Batu Ratapan Angin terletak di jalan Dieng Theater, Dieng, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Di Batu Ratapan Angin para pengunjung dapat menyaksikan pemandangan dua buah batu besar yang berdampingan dan terletak di atas bukit sekitar Dieng Plateu Theatre. Selain itu, terdapat pemandangan pegunungan yang mengelilingi Telaga Pengilon dan Telaga Warna. Tidak hanya dapat menyaksikan pemandangan saja, para pengunjung juga dapat menikmati wahana seru salah satungan adalah flying fox. Harga tiketnya sangat terjangkau, Anda hanya perlu membayar tiket sebasar Rp 10.000 per orang.

  1. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon letaknya bersebelahan dengan Telaga Warna. Telaga Pengilon memiliki air yang sangat jernih sehingga dapat digunakan sebagai cermin. Telaga Pengilon sendiri dalam Bahasa Jawa memiliki arti cermin. Telaga Pengilon dikelilingi oleh bukit dengan tumbuhan pepohonan akasia. Untuk harga tiketnya sangat terjangkau, Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 22.000 per orang.

Baca Yuk:  Mengenal Komponen Wiper Mobil & Cara Merawatnya

Bagi Anda yang ingin mengunjungi beberapa destinasi wisata Dieng bersama sewa mobil, kami memiliki solusinya. Prioritas Sarana Transport adalah jasa sewa mobil dan driver di Surabaya. Kami menyediakan berbagai jenis armada yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga sewa mobil, Silahkan hubungi marketing kami melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.

Sumber : www.solopos.com