Wonosobo berada di provinsi Jawa Tengah. Wonosobo terletak di dataran tinggi karena Sebagian besar wilayahnya adalah pegunungan dan perbukitan. Sehingga Wonosobo mendapat julukan sebagai kota di atas awan.

Kawasan dataran tinggi di Wonosobo merupakan destinasi wisata favorit dikalangan wisatawan. Karena wisata dataran tinggi di Wonosobo ini menarik banyak wisatawan, tentunya wisatawan yang berkunjung tidak ingin melewatkan membawa pulang oleh-oleh khasnya.

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Wonosobo, Anda perlu tahu apa saja oleh-oleh khas Wonosobo yang cocok untuk dibawa pulang. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Wonosobo.

  1. Buah Carica

Carica adalah pepaya gunung atau pepaya dieng. Buah ini adalah buah khas kawasan Dataran Tinggi Dieng, dan menjadi ikon kota Wonosobo. Buah carica berwarna kuning dan berbentuk bulat telur. Buah ini banyak tumbuh di daerah pegunungan yang memiliki hawa dingin. Buah carica memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan tubuh. Buah ini bermanfaat untuk kulit, pencernaan, tulang, daya tahan tubuh, dan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Buah carica biasanya diolah menjadi jus, manisan, dodol, hingga sirup dan dapat ditemukan di pusat oleh-oleh di Wonosobo.

  1. Kacang Dieng
Baca Yuk:  Menelusuri Keunikan Kuliner Khas Madiun

Kacang Dieng adalah camilan dengan cita rasa gurih. Ukurannya lebih besar dibandingkan kacang pada umumnya. Kacang ini sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh Wonosobo. Kebanyakan kacang biasanya hanya di goreng dan diberi garam. Namun, kacang dieng dimasak menggunakan bumbu khas, sehingga rasanya lebih meresap.

  1. Tempe Kemul

Tempe kemul adalah makanan khas Wonosobo. Dikutip dari laman Solopos, kemul dalam Bahasa Jawa berarti selimut, sehingga tempe kemul merupakan yang digoreng dengan diselimuti tepung yang telah di bumbu. Tempe kemul adalah tempe yang digoreng dan dibalut dengan gandum, pati atau tepung singkong juga tepung beras, dan ditaburi daun kucai. Tempe kemul biasanya berwarna kuning. Warna kuning ini diperoleh dari kunyit yang diparut dan dicampur dengan tepung. Di daerah Dieng banyak penjual tempe kemul yang dapat Anda jumpai. Dan akan lebih nikmat jika tempe kemul disantap saat masih hangat.

  1. Opak Singkong
Baca Yuk:  Keberagaman Oleh-Oleh Khas Tuban

Opak singkong adalah camilan yang berasal dari Kabupaten Wonosobo. Oleh-oleh Wonosobo yang satu ini terbuat dari bahan dasar singkong yang direbus, ditumbuk halus, diberi bumbu, dicetak dan dikeringkan di bawah sinar matahari.

  1. Keripik Jamur

Keripik jamur ini berasal dari Wonosobo, tepatnya kawasan Dataran Tinggi Dieng. Keripik jamur dieng biasanya dibuat dari jamur merang yang ditanam di Dataran Tinggi Dieng. Oleh-oleh yang satu ini banyak dicari oleh wisatawan yang datang berwisata ke Dieng. Keripiki jamur ini berwarna coklat kehitaman dengan cita rasa asin dan gurih.

Untuk Anda yang berkunjung ke Kabupaten Wonosobo, jangan lupa untuk berburu oleh-oleh Wonosobo untuk dibawa pulang. Prioritas Sarana Transport akan mendukung perjalanan Anda. Kami adalah jasa sewa mobil dan driver di Surabaya. Tersedia berbagai jenis armada sesuai kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, Silahkan hubungi marketing kami melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.

Baca Yuk:  Mengungkap Daya Tarik Lokawisata Baturraden Banyumas

Sumber : www.idntimes.com