Kabupaten Ponorogo terkenal dengan kesenian daerahnya yaitu Reog. Selain kesenian daerah, Kabupaten Ponorogo juga memiliki makanan khas yang lezat. Salah satu makanan khas Ponorogo yang terkenal adalah sate Ponorogo. Tidak hanya sate Ponorogo, terdapat juga beraneka ragam makanan khas Ponorogo lainnya yang dapat Anda nikmati saat berkunjung ke Ponorogo.

Berikut ini adalah makanan khas Ponorogo yang menarik untuk dicoba.

  1. Pecel Tumpuk

Di Pulau Jawa, Anda bisa menemukan beraneka ragam pecel yang sangat lezat. Pecel-pecel di setiap daerahnya tentu memiliki ciri khasnya masing-masing. Di daerah Ponorogo sendiri, pecelnya disebut dengan pecel tumpuk. Pecel tumpuk ini memilik cita ras apedas dan teksturnya lebih kental. Dikutip dari laman Radio Republik Indonesia, ciri khasnya terletak pada penyajiannnya, yaitu nasi dipiring akan diberi sayur dan sambal pecel, kemudian ditumpuk lagi dengan nasi, dan terakhir ditumpuk lagi sayur dan sambal pecel. Karena penyajiannya yang bertumpuk, maka pecel tumpuk ini memiliki porsi yang jumbo. Untuk jenis sayurannya beragam mulai dari bayam, kecambah, kacang panjang, kenikir yang disiram dengan bumbu pecel. Selain sayur, terdapat juga beraneka ragam lauk dan diberi pelengkap rempeyek.

  1. Jenang Mirah
Baca Yuk:  Ragam Oleh-Oleh Khas Magetan Untuk Dibawa Pulang

Jenang mirah sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Ponorogo. Jenang mirah memiliki cita rasa manis, gurih, legit dengan tekstur yang empuk dan tidak lengket. Nama Mirah berasal dari nama pencetusnya yang bernama Mbah Mirah. Jenang mirah ini sudah ada sejak tahun 1955.  Jenang mirah terbuat dari bahan-bahan seperti santan kelapa kental, tepung ketan putih, tepung ketan hitam, gula merah sisir, pandan, wijen sangrai, agar-agar plain, vanili bubuk, gula pasir, dan garam.

  1. Dawet Jabung

Dawet jabung adalah minuman khas Ponorogo yang wajib Anda coba. Minuman tradisional ini berasal dari Desa Jabung, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo. Dikutip dari laman Good News From Indonesia, perbedaan dawet jabung dengan dawet lainnya yaitu terletak pada gempol di dalam dawet. Gempol terbuat dari tepung beras yang dibentuk bulatan, dan hanya disajikan satu buah untuk satu mangkuk dawet jabung. Selain gempol, dawet juga berisi bulir dawet, tapai ketan hitam yang memiliki rasa manis dan asam, Nangka suwir, serta kuah manis yang terbuat dari santan dan gula kelapa. Dawet jabung dapat dinikmati saat dingin, Anda dapat menambahkan es batu agar segar.

  1. Gethuk Golan
Baca Yuk:  Rekomendasi Kuliner Wonosobo Yang Menggugah Selera

Gethuk golan berasal dari Desa Golan, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo. Gethuk golan merupakan kuliner perpaduan antara singkong dan ketan putih dengan ditaburi parutan kelapa, serta cairan gula merah. Gethuk golan biasanya disajikan dengan bungkus daun pisang. Gethuk golan berbentuk padat dan berwarna putih.

  1. Sate Kopok

Sama seperti sate Ponorogo, sate kopok juga termasuk jenis kuliner sate yang memiliki cita rasa tidak kalah lezat. Sate kopok memiliki cita rasa gurih dan manis. Sate kopok juga sering disebut dengan sate blendet dan sate Balong, karena hanya ditemui di Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Sate kopok menggunakan bahan dasar daging ayam yang dibakar, dan diberi bumbu rempah yang berwarna kuning. Bumbu rempah-rempahnya seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, santan, dan kemiri. Sate kopok biasanya disajikan dengan nasi bumbu tahu kecap yang pedas dan gurih.

Baca Yuk:  Ragam Oleh-Oleh Khas Bali yang Harus Anda Coba

Itulah beberapa makanan khas Ponorogo yang wajib Anda coba. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Kabupaten Ponorogo, kami menyediakan jasa sewa mobil untuk mendukung perjalanan Anda. tidak hanya mobil saja, kami juga menyediakan jasa driver professional untuk mengantarkan Anda ke tempat tujuan. Untuk informasi lebih lanjut, Silahkan hubungi marketing kami melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.

Sumber : www.liputan6.com