Lampu merupakan komponen penting pada mobil. Lampu pada mobil berfungsi sebagai penerangan yang sangat dibutuhkan saat sedang mengemudikan kendaraan. Tidak hanya sebagai alat penerangan saja, lampu juga memiliki banyak fungsi tergantung dari jenisnya.

Terdapat beragam jenis lampu mobil dengan fungsi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebagai pengemudi Anda wajib mengetahui macam-macam jenis lampu dan fungsi lampu mobil.

Lampu Kota

Lampu kota atau lampu senja wajib dinyalakan saat berada di perkotaan. Lampu kota tidak seterang lampu utama yang berguna untuk menhindari silau bagi pengendara lainnya. Berikut ini adalah beberapa fungsi lampu kota yang dapat Anda ketahui.

  1. Penanda arah

Lampu lalu lintas di kota memiliki peranan yang sangat krusial dalam memberikan petunjuk arah kepada pengendara lainnya. Lampu senja depan, yang dikenal sebagai front position lamp, biasanya berwarna putih dan terletak dekat dengan headlamp atau lampu utama kendaraan.

  1. Penanda posisi mobil

Lampu kota dapat digunakan pada saat cuaca buruk seperti hujan lebat, hujan badai, kabut asap, atau saat malam hari. Kondisi jalan di Indonesia terdiri dari berbagai jenis lajur, termasuk lajur tiga arah, dua arah, dan satu arah. Oleh karena itu, lampu senja memiliki peran penting dalam memberikan sinyal kepada pengemudi lainnya. Dengan menyalakan lampu senja, kendaraan lain dapat melihat posisi mobil Anda, sehingga mereka dapat menjaga jarak yang aman dan menghindari kemungkinan kecelakaan.

  1. Menghemat daya
Baca Yuk:  Mengenal Kuliner Khas Solo: Rekomendasi Sate Buntel Di Solo

Biasanya, lampu kota menggunakan lampu LED yang tidak terlalu terang, sehingga memiliki konsumsi daya rendah.hal tersebut dapat membantu menghemat daya baterai mobil. Namun, walaupun begitu tidak terlalu berdampak secara signifikan. Sehingga penting untuk diperhatikan dalam memilih lampu kota yang sesuai dengan standart atau aturan yang ditetapkan.

Lampu Utama (Headlight)

Lampu depan atau headlight adalah lampu utama yang terpasang di bagian depan kendaraan dan berfungsi untuk menerangi jalan bagi pengemudi. Terdapat dua jenis lampu headlight, yaitu headlight high beam (lampu jauh) dan headlight low beam (lampu dekat).

  1. Lampu jauh (Headlight high beam)

Lampu jauh berfungsi untuk memberikan penerangan yang optimal pada jarak jauh. Fungsinya sangat penting dalam situasi jalan yang sepi dan gelap, karena dapat meningkatkan visibilitas pengemudi. Namun, penggunaan lampu ini harus dilakukan dengan hati-hati, karena dapat mengganggu pengendara lain yang datang dari arah berlawanan.

  1. Lampu dekat (Headlight low beam)
Baca Yuk:  Pesona Wisata Karimunjawa Yang Menakjubkan

Lampu dekat berfungsi untuk menerangi area yang lebih dekat. Lampu ini memberikan penerangan yang cukup saat berkendara di malam hari dalam kondisi normal. Sorotan lampu dekat tidak diarahkan langsung ke depan, melainkan lebih fokus ke permukaan jalan, sehingga lebih aman bagi pengguna jalan lainnya. Dalam situasi gelap, seperti saat malam hari atau saat melewati terowongan, lampu ini menjadi pilihan utama bagi pengemudi untuk meningkatkan visibilitas.

Lampu Sein

Lampu sein memiliki fungsi untuk memberi tanda atau berkomunikasi dengan pengemudi lain. Fungsi lampu mobil yang satu ini adalah sebagai indikator bahwa kendaraan akan berbelok atau berpindah jalur. Saat akan berbelok ke kanan atau kiri, pengemudi diwajibkan untuk menyalakan lampu sein sesuai dengan arah yang akan diambil. Sebagai tanda bagi pengguna jalan lainnya, lampu ini dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan. Penggunaan lampu sein sangat penting karena berkaitan langsung dengan aspek keselamatan bagi banyak orang.

Lampu Belakang (Tail Light)

Lampu belakang adalah lampu berwarna merah yang terpasang di bagian belakang kendaraan. Lampu ini umumnya menyala bersamaan dengan lampu rem. Lampu ini memiliki fungsi utama dari untuk memberikan tanda kepada pengemudi lain di belakang mengenai lebar kendaraan.

Baca Yuk:  Wisata Di Jogja: Menjelajahi Keindahan Goa Pindul

Lampu Mundur

Fungsi lampu mobil yang terakhir untuk memberi tahu pengemudi lain bahwa kendaraan akan bergerak ke arah belakang. Lampu ini biasanya berwarna putih dan terletak dekat dengan lampu rem. Lampu mundur akan menyala secara otomatis saat pengemudi memindahkan persneling ke posisi R (Reverse) atau saat mundur.

Itulah beberapa fungsi lampu mobil yang memiliki peran penting untuk keselamatan Anda. Prioritas Sarana Transport menyediakan berbagai armada dengan kualitas yang baik dan driver professional. Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga sewa mobil, silahkan hubungi marketing kami melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.

Sumber : www.hyundai.com/id/id