Sate Buntel adalah salah satu makanan tradisional khas Kota Solo. Sate Buntel terbuat dari bahan utama daging kambing yang dicincang, dibentuk dan dibungkus lapisan lemak. Sate daging yang dicincang dicampur dengan bumbu khusus. Setelah sate dibungkus dengan lapisan lemak, sate buntel dibakar hingga matang. Penamaan Buntel dalam Bahasa Jawa yang berarti bungkus.

Dikutip dari laman Warisan Budaya Takbenda Indonesia, sate buntel bermula dari Lim Hwa Youe yang membuat inovasi dari sate yang awalnya ditusuk menjadi mencacah daging kambing dan kemudian dibuntel dengan lemak kambing.

Sate Buntel disajikan dengan saus kecap dan bahan pelengkap seperti irisan tomat, cabe, bawang merah, dan kol. Bumbu rempah pada sate buntel ini menghasilkan cita rasa yang khas dan gurih. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat kuliner khas Solo yaitu sate buntel.

  1. Warung Sate Kambing Pak Haji Bejo
Baca Yuk:  Mengapa Pedal Kopling Mobil Manual Keras Saat Diinjak?

Warung Sate Kambing Pak Haji Bejo merupakan kuliner legendaris di Solo, dan sudah berdiri sejak tahun 1971. Warung ini terletak di Sungai Sebakung No.10, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Warung Sate Pak Haji Bejo buka setiap hari, mulai pukul 08.00 – 16.00. Hingga saat ini Warung Sate Pak Haji Bejo sudah membuka beberapa cabang di Solo bahkan di Jakarta. Menu yang paling populer adalah sate buntel. Selain sate buntel ada banyak pilihan menu olahan daging kambing yang tak kalah lezat yaitu sate kambing, gulai kambing, tongseng, tengkleng, dan nasi goreng.

  1. Sate Kambing Mbok Galak

Sate Kambing Mbok Galak merupakan kuliner legendaris yang telah berdiri selama 35 tahun dan terkenal enak di Solo. Sate Kambing Mbok Galak menjadi favorit Presiden Joko Widodo hingga tokoh-tokoh penting lainnya. Tidak heran, warung sate kambing ini selalu ramai oleh pengunjung bahkan hingga mengantri. Kuliner khas Solo ini lokasinya berada di jalan Ki Mangun Sarkoro No.112 Sumber Banjarsari, Banyuanyar, Sumber, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Warung ini menyediakan berbagai menu olahan kambing seperti sate kambing, sate buntel, tongseng, tengkleng, dan gulai.

  1. Sate Kambing-Buntel Pak H. Kasdi
Baca Yuk:  Destinasi Wisata Di Batu: Batu Love Garden

Warung Sate Kambing Pak Kasdi teletak di Monginsidi No.107, Kestalan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Letaknya tidak jauh dari stasiun Solo Balapan. Sate Kambing Pak Kasdi sudah berdiri sejak tahun 1982 dan terkenal dengan rasa satenya yang enak. Warung sate kambing yang satu ini buka setiap hari Senin sampai Minggu, mulai pukul 07.00 – 21.00.

  1. Sate Kambing Pak Manto

Sate Kambing Pak Manto terletak di jalan Honggowongso No.36, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Tempat makan ini buka setiap hari pukul 07.30 – 20.00. tempat makan ini menyajikan berbagai menu pilihan mulai dari sate buntel, sate kambing, gulai kambing, tongseng, tengkleng, hingga nasi goreng kambing.

Baca Yuk:  Berburu Oleh-Oleh Khas Jepara Bersama Sewa Mobil

Itulah beberapa rekomendasi sate buntel di Solo. Bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner khas Solo yang satu ini, kami merekomendasikan sewa mobil untuk mendukung perjalanan Anda. Prioritas Sarana Transport menyediakan jasa sewa mobil dengan driver di Surabaya. Silahkan hubungi marketing kami melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.

Sumber : www.liputan6.com