Saat mengendarai mobil, hal yang paling penting adalah kaca mobil yang bersih. Jika kaca mobil terkena kotoran atau air hujan, wiper mobil berfungsi untuk membersihkan kaca mobil agar kotoran atau air hujan tersebut tidak menghalangi pandangan ke arah depan atau belakang.

Wiper mobil yang tidak bisa berfungsi dengan baik, menyebabkan pandangan pengemudi menjadi terhalang, sehingga pengemudi tidak bisa fokus melihat ke arah depan dan belakang. Hal tersebut bisa mengakibatkan kecelakaan.

Kotoran yang menempel pada kaca mobil tidak selalu bisa dihilangkan dengan mudah, sehingga diperlukan penyemprotan cairan pembersih khusus melalui washer. Washer juga sangat membantu pemilik kendaraan, karena mengurangi kebutuhan untuk membersihkan kaca secara manual. Selain itu, washer dapat meringankan beban kerja wiper, sehingga hasil pembersihan menjadi lebih optimal.

Wiper mobil sendiri terdiri dari beberapa komponen. Dikutip dari laman Wuling, berikut ini adalah beberapa komponen dalam wiper mobil.

  1. Motor wiper

Motor wiper memiliki peran penting dalam menggerakkan wiper secara otomatis. Umumnya, jenis motor wiper yang digunakan dilengkapi dengan magnet dan sistem gigi reduksi. Terdapat dua tipe utama motor wiper, yaitu tipe ferrite yang menggunakan magnet permanen dan tipe wound rotor yang memanfaatkan lilitan coil untuk menciptakan electromagnet.

  1. Wiper link
Baca Yuk:  Daya Tarik Wisata Kaliadem & Aktivitas Seru Yang Dilakukan

Wiper link atau tuas wiper memiliki fungsi untuk mengubah gerakan rotasi dari motor wiper menjadi gerakan bolak-balik dari kiri ke kanan. Umumnya, bagian depan kendaraan menggunakan wiper yang dilengkapi dengan dua bilah dalam sistem paralel tandem.

  1. Wiper arm

Pada Wiper arm atau lengan wiper terdiri dari head yang memiliki fungsi untuk mengikat wiper arm dan wiper shaf. Bagian pegas berfungsi untuk menahan bilah wiper. Sedangkan, bagian arm berperan dalam proses pemasangan blade dan retainer untuk menahan keseluruhan komponen.

  1. Wiper blade

Karet pada wiper blade berfungsi untuk membersihkan permukaan kaca mobil. Wiper blade ini dilengkapi dengan kombinasi leaf spring packing dengan lever dan clip yang berperan dalam pemasangan blade pada wiper arm.

Agar wiper mobil Anda dapat bertahan lama, berikut ini adalah cara merawat wiper mobil Anda agar tidak cepat rusak.

  1. Bersihkan karet wiper

Lakukan pengecekan karet wiper karena mudah rusak dan bersihkan secara rutin agar tidak ada kotoran yang menumpuk. Anda dapat melakukan perawatan karet wiper minimal dua kali dalam seminggu. Dan pada pada saat musim hujan dapat dilakukan lebih sering agar wiper dapat bekerja lebih optimal.

  1. Berhati-hati saat mencuci wiper
Baca Yuk:  Mengenal Kuliner Jogja Brongkos dan Rekomendasi Tempat Makan

Wiper dilengkapi dengan cairan khusus yang berfungsi sebagai pelindung dan pelembap. Oleh karena itu, pastikan lap yang digunakan tidak mengeringkan bodi mobil sehingga dapat menghilangkan cairan tersebut.

  1. Mencuci wiper dengan air bersih dan sabun khusus

Bersihkan wiper menggunakan air bersih. Bilas wiper dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel. Selain itu, bersihkan karet wiper dengan cara mengelapnya menggunakan air sabun yang dirancang khusus untuk pembersihan mobil. Penggunaan air hangat dalam proses pembersihan juga dapat membantu melembutkan karet wiper. Hindari penggunaan kain untuk mengeringkan permukaan wiper, karena dapat menghapus cairan khusus yang ada.

  1. Isi cairan wiper

Di dalam ruang mesin, terdapat tangki khusus untuk cairan pembersih kaca depan mobil. Meskipun banyak yang menggunakan air biasa untuk mengisi tangki, akan lebih baik jika mengisi dengan cairan pembersih yang dirancang khusus untuk wiper. Cairan tersebut dapat membuat kaca menjadi lebih licin sehingga wiper tidak mengalami kendala saat beroperasi. Selain itu, penggunaan cairan ini juga dapat mencegah terjadinya goresan pada kaca.

  1. Ganti wiper secara berkala
Baca Yuk:  Wisata Probolinggo: Pesona Ranu Segaran & Air Panas Tiris

Wiper memiliki masa pakai sekitar satu tahun. Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi wiper setelah satu tahun pemakaian. Jika terdengar suara berdecit dan karet wiper tampak keras, ini menandakan bahwa saatnya untuk mengganti wiper tersebut.

Itulah beberapa cara merawat wiper mobil Anda agar dapat berfungsi dengan baik. Untuk Anda yang membutuhkan jasa sewa mobil dengan driver di Surabaya, silahkan hubungi marketing Prioritas Sarana Transport melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.

Sumber : www.detik.com