Mojokerto dikenal sebagai kota onde-onde. Saat berkunjung ke Kabupaten Mojokerto, belum lengkap jika tidak berburu jajanan khasnya. Onde-onde adalah jajanan tradisional yang berasal dari kuliner Tiongkok. Onde-onde termasuk kue basah dengan bentuk bulat dan diberi taburan biji wijen.

Onde-onde terbuat dari bahan tepung ketan dan berisi kacang hijau. Onde-onde memiliki cita rasa manis dan gurih. Jajanan khas Mojokerto ini sangat cocok sebagai camilan atau untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Berikut ini adalah rekomendasi toko yang menjual onde-onde di Mojokerto.

  1. Onde-onde Bo Liem Empunala

Onde-onde Bo Liem Empunala terletak di jalan Empunala No.43, Mergelo, Balongsari, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur. Toko oleh-oleh di Mojokerto yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1929. Toko ini masih mempertahankan resep dari turun-temurun sehingga cita rasanya tetap terjaga hingga sekarang. Onde-onde yang disajikan tidak hanya tersedia dalam varian original, terdapat juga varian lain seperti coklat, keju, durian, pisang, dan ubi ungu. Onde-onde Bo Liem tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga hanya bisa bertahan selama 3 hari saja. Toko onde-onde Bo Liem buka setiap hari Senin sampai Minggu, pukul 07.00 – 18.00.

  1. Hoo Liang
Baca Yuk:  Pantai Lombang: Wisata Pantai Di Madura Yang Menakjubkan

Onde-onde Hoo Liang terletak di jalan Gajah Mada No.136 A, Mergelo, Balongsari, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur. Toko onde-onde yang satu ini buka setiap hari, pukul 07.30 – 17.00. Toko Hoo Liang menawarkan dua jenis onde-onde, yaitu onde-onde goreng dan onde-onde kukus. Tersedia berbagai varian seperti kacang hijau, keju, dan coklat. Selain onde-onde, terdapat juga beraneka oleh-oleh lain seperti keciput, hingga keripik gethuk.

  1. Pusat Oleh-Oleh Arasa

Pusat oleh-oleh Arasa terletak di jalan Raya By Pass No.km 50, Jokodayo, Mojokerto, Kec. Mojoanyar, Kota Mojokerto, Jawa Timur. Pusat oleh-oleh Arasa sudah berdiri sejak tahun 2012. Toko oleh-oleh di Mojokerto ini buka setiap hari pukul 06.00 – 21.00. Toko pusat oleh-oleh ini menawarkan berbagai varian mulai dari kacang hijau, keju, dan coklat. Toko ini memiliki onde-onde yang khas yaitu onde-onde oven. Tidak hanya onde-onde saja, tersedia juga beraneka macam oleh-oleh seperti ote-ote ayam, olahan bandeng, pia ulir, es setup, dan masih banyak lagi.

  1. Taruna Pusat Oleh-Oleh
Baca Yuk:  Kelebihan Sewa Mobil innova Zenix

Taruna Pusat Oleh-Oleh sudah berdiri sejak tahun 1980. Toko oleh-oleh ini terletak di jalan Mojopahit No.223-225, Mergelo, Sentanan, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur. Toko Taruna ini dikenal sebagai pusat oleh-oleh dikalangan wisatawan. Taruna Pusat Oleh-Oleh tidak hanya menjual produk asal Mojokerto saja, tersedia juga produk dari daerah Jawa Timur lainnya. Bahkan terdapat juga produk-produk yang jarang dijumpai seperti rambak pisang, brem Madiun, madu mongso, dan masih banyak lagi lainnya.

Itulah beberapa toko oleh-oleh di Mojokerto. Bagi Anda yang ingin mencicipi onde-onde dan berkunjung ke Mojokerto, Prioritas Sarana Transport merupakan solusinya. Prioritas Sarana Transport adalah jasa sewa mobil dan driver di Surabaya. Silahkan hubungi marketing Prioritas Sarana Transport melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.

Baca Yuk:  Mencicipi Makanan Khas Banyumas Yang Lezat

Sumber : www.idntimes.com