Pulau Bali atau yang disebut dengan Pulau Dewata, terkenal dengan wisata Pantai dan keindahan alamnya yang sangat menakjubkan. Selain terkenal dengan tempat wisatanya, Bali juga kaya akan sejarah dan warisan budaya. Pulau Bali menjadi tujuan favorit bagi wisatawan dari seluruh dunia.

Selain menikmati keindahan alam dan budayanya, berbelanja oleh-oleh khas Bali juga menjadi bagian yang penting saat berlibur ke Bali. Bali menawarkan beragam pilihan oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang.

Oleh-oleh khas Bali ini dapat berupa camilan, kain, ukiran, dan souvenir yang mencerminkan kekayaan budaya Pulau Bali. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi oleh-oleh camilan khas Bali.

  1. Pie Susu

Pie susu adalah salah satu camilan khas Bali yang paling populer, dan wajib untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Camilan yang satu ini menjadi favorit banyak orang karena cita rasanya yang manis, tekstur yang lembut, dan kulit yang renyah. Dikutip dari laman Liputan 6, pie susu khas Bali merupakan hasil percampuran antara sajian pie susu Hong Kong dan Portugis. Bentuk pie susu Bali mirip dengan shortcrust pastry Portugis. Sedangkan isiannya yang berupa egg custard lebih condong menyerupai pie susu dari Hong Kong. Hingga saat ini, pie susu Bali telah ditetapkan sebagai ikon kuliner Bali. Seiring berjalannya waktu, pie susu hadir menjadi beragam varian rasa selain original yaitu coklat, keju, dan pandan.

  1. Kopi Kintamani
Baca Yuk:  Mencicipi Kelezatan Kuliner Di Tuban

Kopi Kintamani merupakan kopi jenis arabika. Nama kopi Kintamani dipilih karena perkebunan kopi tersebut berada di Kintamani, sebuah kecamatan di Provinsi Bali, khususnya di Kabupaten Bangli. Kopi Kintamani memiliki cita rasa yang khas dengan aroma citrus dan tingkat keasaman yang rendah. Untuk proses penyeduhannya, Anda bisa mencoba proses seduh tradisional, yaitu tubruk. Bahkan Anda juga dapat menambahkan gula agar terasa lebih manis.

  1. Kacang Disco

Kacang disco terbuat dari bahan-bahan seperti kacang tanah, tepung terigu, bawang putih, dan bumbu-bumbu lainnya. Kacang tanah tersebut dicampur dengan adonan tepung terigu dan bumbu, kemudian digoreng dengan minyak panas hingga renyah. Biasanya, kacang disco diberi bumbu bawang putih dan garam, sehingga menghasilkan cita rasa gurih. Untuk varian rasanya terdapat varian pedas, manis, dan keju.

  1. Dodol Buleleng Bali
Baca Yuk:  Keberagaman Oleh-Oleh Khas Tuban

Dodol khas Bali ini dikenal dengan nama dodol Buleleng. Dodol Buleleng sangat unik karena dibungkus dengan daun jagung yang kemudian diikat dengan tali rafia. Proses pembuatan dodol masih menggunakan cara tradisional dan tanpa menggunakan pengawet apapun. Dodol Bali terbuat dari bahan-bahan dasar seperti ketan hitam, santan, gula pasir, dan gula merah. Terdapat berbagai varian rasa dodol seperti varian rasa, seperti dodol injin (original), dodol merah, dodol pandan, dodol nangka, dan dodol kacang.

itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Bali yang wajib Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Untuk Anda yang membutuhkan jasa sewa mobil, Prioritas Sarana Transport adalah solusinya. Silahkan hubungi marketing Prioritas Sarana Transport melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.

Baca Yuk:  Tips Mengemudikan Mobil Matik Ketika Macet