Tuban adalah kota di pesisir utara Jawa Timur, yang tidak hanya dikenal dengan budaya dan Sejarah, tetapi juga kulinernya. Saat berkunjung ke Tuban, Anda dapat berburu kuliner khasnya yang sangat lezat. Tuban memiliki beragam pilihan kuliner yang dapat Anda coba. Keanekaragaman kuliner di Tuban mampu memanjakan lidah para pecinta makanan.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi kuliner di Tuban.

  1. Rajungan Ndoro Bei

Kota Tuban memiliki garis Pantai yang memanjang di pesisir utara, sehingga menghasilkan kekayaan laut yang berlimpah. Kuliner di daerah Tuban didominasi oleh olahan seafood dengan rasa yang pedas. Salah satu kuliner yang dapat Anda coba adalah kare rajungan. Rajungan adalah sejenis kepiting yang hanya hidup di air laut saja. Salah satu tempat kuliner yang menyajikan olahan kare rajungan adalah Rajungan Ndoro Bei. Rajungan Ndoro Bei terletak di Jalan Dr. Sutomo Barat Gedung Tridharma No.007, Ronggomulyo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Menu andalan dari rumah makan ini adalah kare rajungan dan rajungan kremes. Selain rajungan, terdapat berbagai olahan seafood lain seperti kepiting, lobster, ikan kakap, dan gurami.

  1. Warung Belut Legendaris Mbah Bagong
Baca Yuk:  Menyelami Ragam Kuliner Khas Kediri

Warung ini menyajikan olahan belut dengan cita rasa pedas gurih dan rempah-rempahnya yang sedap. Warung olahan belut ini sudah ada sejak 1982, dan terkenal dengan olahan belut berbumbu kering yang lezat. Selain belut, terdapat menu lain yang tak kalah lezat seperti bekicot, lele, dan becek mentok yang disajikan dengan bumbu khas dan santan yang terasa gurih dan pedas. Warung belut Mbah Bagong buka setiap hari pukul 09.30 – 14.00 WIB.

  1. Warung Sego Dupak

Warung Sego Dupak terletak di Gg. III No.503 C, Kebonsari, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Sego dupak berisi nasi, sambal, dengan lauk seperti kering tempe, mie, gimbal tempe, telur, dan ayam.  Warung Sego Dupak buka setiap hari selama 24 jam. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencari kuliner saat malam hari.

  1. Warung Mentok Mawot
Baca Yuk:  Sewa Mobil Innova Reborn Surabaya Sidoarjo Gresik Malang Kediri Agustus 2024

Warung Mentok Mawot berada di Gg. Sutiono, Dusun Mawot, Sugiharjo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Warung Mentok Mawot menyajikan menu becek mentok yang merupakan salah satu makanan khas Tuban. Becek mentok menggunakan daging unggas menthok. Becek mentok merupakan jenis masakan berkuah santan yang kaya akan bumbu rempah-rempahnya. Bumbu kuahnya terbuat dari bahan bawang putih, bawang merah, kemiri dan cabai yang ditumbuk. Sehingga menghasilkan cita rasa gurih dan pedas yang terasa sedap. Tekstur dagingnya pun sangat lembut karena dimasak hingga empuk. Selain menyajikan menu becek mentok, terdapat juga menu lain berupa rica-rica mentok, empal daging, jeroan dan belut pedas.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner di Tuban yang sangat lezat dan sayang untuk dilewatkan. Bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner di Tuban dengan sewa mobil, Prioritas Sarana Transport adalah solusinya. Prioritas Sarana Transport menawarkan jasa sewa mobil dan driver di Surabaya. Silahkan hubungi marketing Prioritas Sarana Transport melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.  

Baca Yuk:  Beragam Pilihan Oleh-Oleh Khas Magelang

Sumber : www.idntimes.com