Banyumas terkenal dengan destinasi wisatanya. Karena banyaknya destinasi wisata tentu saja menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi Kabupaten Banyumas. Tidak hanya dapat berlibur saja, para wisatawan juga dapat berburu makanan khas Banyumas yang tak boleh dilewatkan.

Berikut ini adalah beberapa referensi makanan khas Banyumas yang dapat Anda cicipi.

  1. Tempe mendoan

Mendoan adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Banyumas. Mendoan terbuat dari bahan dasar tempe, yang merupakan hasil fermentasi dari kacang kedelai. Tempe mendoan ini dilumuri dengan bumbu dan tepung, lalu dicampur dengan irisan daun bawang, dan digoreng. Nama mendoan berasal dari Bahasa Jawa, yang berarti setengah matang. Tempe mendoan memiliki cita rasa yang hampir sama seperti tempe pada umumnya. Yang berbeda adalah teksturnya yang tidak krispi, namun lebih kenyal dan empuk, karena digoreng setengah matang. Tempe mendoan biasanya disajikan saat panas dengan sambal kecap atau cabe rawit.

  1. Soto sokaraja
Baca Yuk:  Menelusuri Keunikan Kuliner Khas Madiun

Soto sokaraja adalah salah satu makanan khas Banyumas, tepatnya berasal dari daerah Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Soto sokaraja juga dikenal dengan nama sroto sokaraja. Soto sokaraja memiliki ciri khasnya yang berbeda dengan soto lain. Jika pada umumnya soto menggunakan nasi, maka soto sokaraja menggunakan ketupat. Soto ini menggunakan bumbu kacang yang terbuat dari campuran kacang tanah, bawang putih, dan cabai. Untuk isiannya menggunakan kecambah, daun bawang, dan kerupuk. Sedangkan isian daging bisa menggunakan ayam yang dimasak dengan bumbu, digoreng lalu disuwir. Selain itu, banyak juga yang menggunakan isian daging sapi atau babat.

  1. Getuk goreng

Makanan yang satu ini juga berasal dari daerah Sokaraja. Saat berkunjung ke Kabupaten Banyumas, getuk goreng sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Getuk goreng menggunakan bahan utama singkong. Getuk goreng memiliki cita rasa manis yang berasal dari gula aren. Getuk goreng dilumuri dengan tepung pada bagian luarnya, sehingga terasa lebih gurih. Getuk goreng juga tahan lama dan tidak mudah basi, sehingga sangat cocok untuk oleh-oleh karena memasaknya dengan cara digoreng.  Getuk goreng dikemas dengan rapi menggunakan besek dari bambu.

  1. Kraca
Baca Yuk:  Wisata Probolinggo: Pesona Ranu Segaran & Air Panas Tiris

Kraca adalah salah satu kuliner khas Banyumas yang lezat. Kraca menggunakan bahan dasar utama keong kecil. Keong-keong kecil ini sering ditemukan di sawah. Kraca dimasak dengan bumbu bawang, pala, merica, garam, dan bumbu lainnya. Kraca biasanya dimasak dengan diberi kuah. Kraca memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat.

  1. Dage

Dage merupakan makanan khas Banyumas atau Purwokerto. Dikutip dari Radar Banyumas, dage adalah makanan hasil fermentasi kelapa atau kacang khas Banyumas. Proses pembuatannya dengan cara ampas kelapa atau kacang dihancurkan hingga halus, lalu difermentasikan seperti tempe. Dage memiliki tekstur kenyal dan cita rasa yang unik. Cita rasanya sedikit manis dan gurih.

Baca Yuk:  Oleh-Oleh Khas Semarang yang Wajib Anda Coba

Itulah beberapa makanan khas Banyumas yang dapat Anda nikmati. Bagi Anda yang ingin berburu makanan khas Banyumas dengan sewa mobil, kami memiliki rekomendasinya. Prioritas Sarana Transport adalah jasa sewa mobil dan driver di Surabaya. . Silahkan hubungi marketing Prioritas Sarana Transport melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.

Sumber : www.kompas.com