Karimunjawa adalah salah satu kepulauan yang terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Karimunjawa terkenal dengan wisata pantainya yang indah dan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, Karimunjawa juga memiliki kuliner lezat yang dapat Anda coba saat sedang berlibur. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi kuliner khas Karimunjawa.

  1. Pindang serani

Pindang serani adalah kuliner khas Karimunjawa dan Jepara yang berupa sup ikan laut. Pindang serani memiliki cita rasa pedas, gurih, dan asam yang terasa segar dan nikmat. Kata pindang dalam Bahasa Jawa berarti sup yang berempah. Bahan utama ikan laut segar dicampur dengan beberapa bumbu khas seperti belimbing wuluh, daun kemangi, tomat, dan bawang daun. Jenis ikan laut yang digunakan banyak ditemukan di pesisir Jepara seperti ikan bandeng, kakap, kerapu, dan masih banyak lagi.

  1. Lontong krubyuk
Baca Yuk:  Penyebab Sensor Parkir Mobil Tidak Berfungsi Dengan Baik

Lontong krubyuk merupakan masakan tradisional khas Karimunjawa. Lontong krubyuk terbuat dari bahan utama lontong dengan isian bahan pelengkap. Krubyuk berasal dari Bahasa Jawa yang berarti melintasi genangan. Nama tersebut sesuai karena lontong krubyuk disajikan dengan kuah kaldu bakso dan isian berupa suwiran ayam semur, tauge, dan daun seledri. Lontong krubyuk memiliki cita rasa manis yang berasal dari ayam semur dan bercampur dengan kuah kaldu bakso yang terasa gurih dan asin.

  1. Bakso ikan ekor kuning

Bakso ikan ekor kuning menggunakan bahan dasar ikan ekor kuning. Dikutip dari laman Indonesia Kaya, ikan ekor kuning banyak ditemukan di Karimunjawa. Ikan ekor kuning kaya akan lemak baik dan sumber asam lemak omega-3. bakso ikan ekor kuning berbeda dengan bakso lainnya, karena memiliki tekstur yang sedikit kasar, kenyal dan berwarna putih. Namun, bakso ikannya tetap terasa lembut saat dikunyah. Bakso ikan ekor kuning disajikan dengan kuah kaldu sehingga terasa gurih dan sedap. Bakso ini juga dicampur dengan bahan-bahan seperti tepung maizena, tepung sagu tani, putih telur, dan tambahan bumbu-bumbu seperti merica serta garam.

  1. Ikan bakar srepeh
Baca Yuk:  Pesona Wisata Karimunjawa Yang Menakjubkan

Karimunjawa terkenal dengan kuliner ikan bakarnya. Hidangan ikan bakar disajikan dengan bumbu srepeh, yang memiliki cita rasa pedas, manis, asin, dan gurih. Ikan bakar ini juga menggunakan bumbu rempah-rempah yang dibakar, sehingga menghasilkan rasa yang nikmat dan sedap.

  1. Tongseng cumi

Tongseng cumi termasuk kuliner khas Karimunjawa yang tidak kalah lezat. Kuliner seafood yang satu ini menggunakan cumi-cumi sebagai bahan utamanya. Cumi ini kemudian dimasak dan dipadukan dengan kuah tongseng yang memiliki cita rasa gurih, manis, dan pedas.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner khas Karimunjawa yang wajib Anda coba saat sedang berlibur di Kepulauan Karimunjawa. Bagi Anda yang membutuhkan jasa sewa mobil untuk perjalanan selama berlibur, kami memiliki solusinya. Prioritas Sarana Transport merupakan jasa sewa mobil dan driver di Surabaya. Silahkan hubungi marketing Prioritas Sarana Transport melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.

Baca Yuk:  Mencicipi Kuliner Di Blitar Yang Terkenal Lezat

Sumber : www.liputan6.com