Tips Agar Tidak Mabuk Saat Naik Mobil, Tanpa Minum Obat. Biasanya mereka mengatasi dengan minum obat antimabuk. Namun bagaimana jika lupa membeli obat? Anda bisa mencoba cara alami agar tidak mabuk saat naik mobil. Cara ini juga bisa dibiasakan agar tidak bergantung pada obat antimabuk.

Tips agar tidak mabuk perjalanan penting untuk diketahui agar penjalanan tetap menyenangkan dan berkesan. Tips-tipsnya efektif dan mudah untuk dilakukan, bahkan oleh anak-anak sekalipun.

Tips Agar Tidak Mabuk Saat Naik Mobil, Tanpa Minum Obat

Perjalanan naik mobil sering menjadi hal menakutkan bagi orang yang punya masalah mabuk perjalanan. Mereka sering khawatir mengalami mual dan muntah di tengah perjalanan.

Mabuk perjalanan sering dikeluhkan oleh pelaku perjalanan. Mual, muntah, pusing, sakit kepala, keringat berlebih, dan lemas di dalam kendaraan yang bergerak adalah gejala-gejala yang menandakan mabuk perjalanan.

Kondisi ini terjadi ketika otak salah mengartikan sinyal gerakan yang dikirim oleh mata, telinga, otot, dan persendian. Hal ini kemudian menyebabkan penderitanya merasa mual dan mengalami mabuk perjalanan. Namun, jangan khawatir, ada berbagai tips agar tidak mabuk perjalanan yang terbukti ampuh dan mudah dilakukan.
Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Supaya perjalanan menjadi lancar dan menyenangkan, cobalah lakukan beberapa tips agar tidak mabuk perjalanan. Dilansir dari situs Kementerian Kesehatan dan rumah sakit swasta, berikut ini tips cara alami agar tidak mabuk saat naik mobil:

Tips Agar Tidak Mabuk Saat Naik Mobil, Tanpa Minum Obat

1. Istirahat Cukup

Cegah mabuk perjalanan dengan beristirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan. Perjalanan jauh membutuhkan tubuh yang bugar. Jika kurang istirahat, maka kemungkinan kondisi kamu menjadi tidak fit, merasa pusing, dan mual saat perjalanan.

Baca Yuk:  Mengenal Kuliner Khas Solo: Rekomendasi Sate Buntel Di Solo

2. Jangan Terlalu Kenyang

Cara alami agar tidak mabuk saat naik mobil selanjutnya adalah mencegah perut terlalu kenyang. Jadi, jangan makan terlalu banyak sesaat sebelum naik mobil. Guncangan mobil di perjalanan lebih mudah menyebabkan mual pada perut yang penuh.

3. Atur Posisi Duduk

Jika detikers punya riwayat mabuk perjalanan, maka atur posisi duduk dengan tepat. Biasanya posisi menghadap belakang dan samping biasanya lebih mudah menyebabkan pusing dan gejala mabuk.

Usahakan duduk di posisi yang bisa melihat jalan dan menghadap depan. Jika memungkinkan, pilih tempat duduk yang minim guncangan, jangan berada di atas ban bus.

4. Makan Snack

Sediakan makanan ringan atau snack kering saat hendak naik mobil. Cara ini ampuh untuk mengatasi mabuk perjalanan. Snack yang cocok antara lain keripik, makanan manis atau buah-buahan untuk mencegah dan mengurangi perasaan mual.

5. Mengonsumsi Jahe atau Permen Mint

Minum air jahe atau mengunyah permen mint juga merupakan cara alami agar tidak mabuk saat naik mobil. Cara ini ampuh untuk mencegah dan meredakan mual dan muntah karena mabuk perjalanan.

6. Alihkan Perhatian

Terkadang orang mengalami mabuk perjalanan karena terlalu fokus berpikir bahwa dirinya akan mual ketika naik mobil. Nah, cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengalihkan perhatian, misalnya dengan mendengarkan musik, bernyanyi, mengobrol, dan sebagainya.

7. Jangan Lihat Buku atau HP

Jangan mengalihkan perhatian dengan membaca buku dan bermain HP. Hal ini justru memicu rasa mual dan pusing, Ketika mata fokus pada satu titik yang dekat, sementara mobil terus bergerak, maka terjadi ketidakselarasan antara mata dan telinga.

Baca Yuk:  Destinasi Wisata Di Batu: Batu Love Garden

8. Pejamkan Mata

Memejamkan mata juga ampuh untuk mengatasi mabuk perjalanan saat naik mobil. Pejamkan mata sejenak dan ambil napas perlahan. Jika bisa tidur, akan lebih mudah bagi kamu untuk mencegah mabuk perjalanan.

9. Hirup Udara Segar

Salah satu penyebab mual dan pusing adalah udara di dalam mobil yang kurang segar atau bau parfum mobil yang kurang cocok. Untuk mengatasinya, buka jendela mobil atau berhenti sebentar untuk keluar dari mobil.

10. Aromaterapi

Terakhir, cara alami agar tidak mabuk saat naik mobil adalah dengan memasang aromaterapi atau minyak angin. Aroma yang bisa membantu seperti kayu putih, lavender, lemon, atau rempah-rempah.

Sepuluh cara alami agar tidak mabuk saat naik mobil ini dapat menjadi alternatif dalam perjalanan. Sebelumnya, pastikan tubuh dalam kondisi cukup sehat untuk menempuh perjalanan jauh.

11. Pilih tempat duduk yang tepat

Tips agar tidak mabuk perjalanan yang pertama adalah memilih tempat duduk yang minim guncangan, misalnya kursi penumpang depan saat berpergian menggunakan mobil dan kursi pesawat yang sejajar dengan sayap.

Usahakan pula untuk memilih tempat duduk yang menghadap ke depan atau searah dengan laju kendaraan untuk mencegah mabuk kendaraan.

12. Penuhi asupan cairan

Memastikan asupan tubuh terpenuhi adalah tips agar tidak mabuk perjalanan yang bisa Anda lakukan. Dengan memenuhi asupan cairan, Anda dapat terhindar dari dehidrasi yang menyebabkan kepala terasa pusing dan mual.

Oleh karena itu, pastikan untuk membawa air secukupnya saat Anda hendak berpergian. Selain air putih, jus dan susu dapat menjadi pilihan minuman yang aman dikonsumsi selama di perjalanan.

Baca Yuk:  Rekomendasi Kuliner di Kota Lama Semarang

Sementara itu, kopi dan minuman bersoda justru dapat memicu dehidrasi dan menyebabkan Anda mengalami mabuk perjalanan.

13. Menekan pergelangan tangan

Menekan titik akupresur di sepanjang pergelangan tangan adalah tips agar tidak mabuk perjalanan yang sudah lama dipraktikkan dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Anda dapat menekan pergelangan tangan bagian dalam hingga lipatan siku menggunakan 3 jari, yaitu jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis selama beberapa detik untuk mencegah rasa mual.

14. Hindari membaca buku di perjalanan

Sama seperti penggunaan gawai, ketidaksesuaian sinyal yang diterima otak, mata, dan telinga saat Anda membaca buku juga dapat menyebabkan mabuk perjalanan. Sebagai gantinya, Anda dapat mendengarkan musik atau tidur untuk mengatasi kebosanan di perjalanan.

Bila Anda pernah, bahkan sering, mengalami mabuk perjalanan, sebaiknya periksakan diri ke dokter guna mendapatkan saran obat medis yang sesuai dalam mencegah mabuk perjalanan. Hal ini penting dilakukan terutama jika Anda sedang hamil atau memiliki kondisi medis tertentu.

Tidak hanya untuk mendapatkan tips agar tidak mabuk perjalanan, konsultasi dengan dokter juga bisa memastikan penyebab keluhan dan cara mengatasinya. Dengan demikian, Anda bisa melakukan perjalanan dengan nyaman dan menyenangkan.

Tips Agar Tidak Mabuk Saat Naik Mobil, Tanpa Minum Obat

Sumber : https://oto.detik.com/tips-and-tricks-mobil/d-7526102/10-cara-alami-agar-tidak-mabuk-saat-naik-mobil-tak-perlu-obat