Mendaki gunung merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi sebagian orang. Mendaki gunung sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi berpetualang di alam bebas. Dengan mendaki gunung, Anda dapat menguji ketahanan fisik dan mental sewaktu menghadapi berbagai medan yang sulit.

Selain dapat menguji ketahanan fisik dan mental, dengan mendaki gunung Anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Selama mendaki, Anda akan menikmati suasana di puncak gunung, menikmati udara yang sejuk, dan pemandangan alam yang menakjubkan. Hal ini tentunya menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Salah satu rekomendasi gunung di Jawa Timur yang wajib Anda kunjungi adalah Gunung Welirang. Gunung Welirang adalah salah satu gunung berapi aktif yang terletak di Jawa Timur, tepatnya berada tiga wilayah yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang dan Kota Batu.

Baca Yuk:  Mengenal Kuliner Jogja Brongkos dan Rekomendasi Tempat Makan

Daya Tarik Gunung Welirang

Gunung Welirang memiliki ketinggian 3.156 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo dan bersebelahan dengan Gunung Arjuna. Nama Gunung Welirang berasal dari kata yang dalam Bahasa Jawa berarti belerang.

Oleh karena itu, daya tarik dari Gunung Welirang adalah belerang di kawasan Kawah Welirang. Asap kawah belerang memberikan pemandangan yang tampak memukau. Saat mendekati kawah para pendaki akan mencium bau khas belerang yang tajam.

Selain kawah belerangnya, dari awal pendakian, Anda akan melihat pemandangan hutan pinus yang rimbun. Dan jika beruntung, saat cuaca cerah Anda dapat melihat pemandangan Gunung Lawu hingga Gunung Raung.

Baca Yuk:  Rekomendasi Kuliner Soto Khas Semarang Yang Menggugah Selera

Rute Pendakian Gunung Welirang

Gunung Welirang memiliki beberapa jalur pendakian seperti Tretes, Cangar, dan Pacet. Selain itu, ada juga jalur pendakian lewat Lawang, Karangploso, Sumberawan, dan Purwosari. Jalur pendakian yang paling populer dimulai dari resor pegunungan Tretes dengan ketinggian awal 812 mdpl ke timur laut pegunungan.

Jalur pendakian ini juga cukup menantang dengan peningkatan ketinggian yang mencapai lebih dari 2.400 mdpl. Jalur tersebut mengarah ke jalan berbatu yang lebar, melewati hutan pinus yang jarang, dan menuju puncak terpencil Gunung Ringgit, yang memiliki ketinggian sekitar 2.477 mdpl.

Fasilitas pendakian

Fasilitas yang disediakan sangat lengkap mulai dari pos pendakian yang dilengkapi dengan peta serta informasi mengenai jalur, hingga pondok pendaki dan area perkemahan yang disediakan untuk beristirahat.

Baca Yuk:  Wisata Di Jogja: Menjelajahi Keindahan Goa Pindul

Bagi Anda yang ingin merencanakan kegiatan akhir pekan Anda untuk mendaki Gunung Welirang bersama rombongan, kami memiliki solusi untuk perjalanan Anda. Prioritas Sarana Transport adalah jasa sewa mobil dan driver di Surabaya. Kami menyediakan berbagai pilihan armada yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan Anda. Silahkan hubungi marketing Prioritas Sarana Transport melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.

Sumber : www.liputan6.com