Wisata Kaliadem adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Kota Jogja. Kaliadem adalah sebuah destinasi wisata yang terletak di kawasan lereng Gunung Merapi, Yogyakarta. Destinasi wisata ini menawarkan panorama alam yang memukau dengan latar belakang gunung berapi aktif.

Wisata Kaliadem menjadi pilihan favorit bagi para wisatawan yang ingin berpetualang dan sekedar mencari ketenangan sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Kaliadem lokasinya berada di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Awalnya kawasan ini adalah tempat permukiman warga, namun setelah Gunung Merapi mengalami erupsi, kawasan Kaliadem tidak lagi dihuni oleh warga dan menjadi tempat wisata terkenal di Jogja. Berikut ini adalah beberapa aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan di tempat wisata ini.

  1. Jelajah Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem adalah salah satu tempat wisata yang menyajikan panorama puncak Gunung Merapi. Terdapat bunker atau yang sering disebut dengan rulinda (ruang lindung darurat), sehingga kawasan bunker yang terletak di bawah tanah ini menjadi tempat berlindung dari erupsi Gunung Merapi. Jarak Bunker Kaliadem dengan puncak Gunung Merapi termasuk dekat, sekitar 4,5 kilometer.

  1. Museum Merapi
Baca Yuk:  Mengenal Kuliner Khas Solo: Rekomendasi Sate Buntel Di Solo

Di kawasan Gunung Merapi terdapat museum yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Museum ini memberikan edukasi tentang gunung api yang ada di dunia khususnya Gunung Merapi. Dikutip dari laman Kemdikbud, terdapat berbagai macam koleksi seperti batuan endapan awan panas, endapan lava, dan berbagai macam benda seperti sepeda motor, tulang hewan, perlatan dapur yang rusak akibat erupsi Gunung Merapi.

Selain itu Museum Gunung Merapi juga memiliki berbagai alat peraga salah satunya adalah alat peraga gempa. Pengunjung dapat merasakan pengalaman getaran gempa vulkanik yang dihasilkan ketika gunungapi mengalami erupsi.

Museum Gunung Merapi juga memiliki ruang pemutaran film (home theatre) yang dapat dikunjungi, dan akan diputarkan film tentang erupsi Gunung Merapi yang tentunya akan menambah pengetahuan serta gambaran mengenai fenomena erupsi Gunung Merapi sebagai salah satu gunung api paling aktif di Indonesia bahkan di dunia.

  1. Jeep tour
Baca Yuk:  Rekomendasi Kuliner Soto Khas Semarang Yang Menggugah Selera

Perjalanan menuju Kaliadem melalui medan yang ekstrem dan menantang. Dikutip dari laman Solopos, para wisatawan biasanya melalui kawasan wisata Kinahrejo. Lalu, disana mereka dapat menyewa mobil jeep milik komunitas menuju ke Bunker Kaliadem. Jalan yang ekstrim ini disebabkan oleh erupsi Gunung Merapi. Para wisatawan akan dibawa melintasi jalan yang bergelombang, berbatu, dan berpasir.

  1. Trekking

Para wisatawan juga dapat melakukan aktivitas trekking di wilayah utara kawasan wisata ini. Terdapat jalur setapak yang dapat dilalui dengan arah lurus menuju utara. Di ujung jalur tersebut terdapat jalan buntu, yang berakhir di tebing curam Sungai Gendol. Pengunjung dilarang untuk melewati batas yang telah ditentukan, mengingat adanya risiko bahaya dari jurang.

Baca Yuk:  Menikmati Keindahan Wisata Curug Bayan Banyumas

Itulah daya tarik dan aktivitas yang dapat Anda lakukan di wisata Kaliadem. Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ini bersama keluarga ataupun teman-teman, kami akan mendukung perjalanan Anda. Prioritas Sarana Transport merupakan jasa sewa mobil dan driver di Surabaya. hubungi marketing Prioritas Sarana Transport melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.

Sumber : www.kumparan.com