Jalan Tunjungan merupakan salah satu ikon Kota Surabaya yang menjadi magnet bagi para wisatawan. Jalan Tunjungan berada di pusat Kota Surabaya dan selalu dipadati oleh pengunjung. Jalan Tunjungan Surabaya adalah destinasi wisata Surabaya yang tidak boleh dilewatkan, yang masih mempertahankan bangunan bergaya kolonial, serta perpaduan nuansa klasik dan modern.

Dengan adanya bangunan bersejarah dan fasilitas yang modern, jalan ini menjadi destinasi favorit bagi wisatawan untuk mengeksplore wisata Surabaya. Jalan Tunjungan bahkan dikenal sebagai tempat yang cocok untuk sekedar berjalan-jalan santai sambil menikmati kuliner khas yang lezat.

Sejarah Jalan Tunjungan

Sejak awal abad ke-20 Jalan Tunjungan dibangun oleh Belanda. Dikutip dari laman Kompas, Bangunan di Jalan Tunjungan ini menjadi saksi kisah heroik dari arek-arek Suroboyo. Salah satunya adalah Gedung Siola yang menjadi tempat mengatur strategi saat Inggris menyerang Surabaya.

Baca Yuk:  Mencicipi Kuliner Di Blitar Yang Terkenal Lezat

Gedung tersebut kemudian diambil alih oleh Jepang dan diganti nama menjadi Toko Chiyoda pada tahun 1940. Lalu pusat perbelanjaan tersebut dikenal dengan nama Tunjungan City dan dikenal dengan nama Gedung Siola yang merupakan akronim dari para pendirinya yakni Soemitro, Ing Wibisono, Ong, Liem, dan Aang.

Selain itu, dikutip dari laman Suara Indonesia, Jalan Tunjungan menjadi saksi bisu peristiwa paling heroik dan bersejarah di Surabaya, yakni perobekan bendera Belanda di atas Hotel Majapahit (dahulu bernama Hotel Oranje dan Hotel Yamato) pada tanggal 19 September 1945.

Daya Tarik Jalan Tunjungan

  1. Wisata malam

Wisata malam di Jalan Tunjungan sangat menarik untuk dicoba. Pada malam hari, terdapat ornament lampu yang menghiasi jalanan dan gedung tinggi. Lampu-lampu hias tersebut tampak memukau dan menciptakan kesan yang romantic dan menyenangkan.

Baca Yuk:  Keberagaman Oleh-Oleh Khas Tuban

Selain hiasan lampu yang cantik, para pengunjung juga dapat menyaksikan pemandangan kota yang begitu dinamis dengan lalu lalang kendaraan yang tak pernah berhenti di Jalan Tunjungan. Perpaduan antara keindahan dekorasi malam dan hiruk pikuk kendaraan menciptakan suasana unik yang hanya bisa dirasakan di Jalan Tunjungan.

  1. Spot foto menarik

Bagi para pengunjung yang memiliki hobi fotografi, juga dapat berburu foto dengan latar belakang bangunan tua yang tampak estetik dan instagramable. Tersedia banyak spot-spot foto menarik yang dapat diabadikan. Selain bangunan bersejarah, Anda juga dapat berfoto dengan latar lalu lintas yang padat dengan kendaraan dan latar jalanan yang padat dengan pejalan kaki. Anda juga dapat berfoto dengan latar bangunan yang lebih modern seperti cafe-cafe yang instagramable.

  1. Kuliner

Tidak hanya dapat berjalan santai dan berfoto, para pengunjung juga dapat berburu kuliner di Jalan Tunjungan. Tersedia berbagai macam makanan lokal hingga internasional. Para pengunjung juga dapat menikmati hidangan khas Jawa timur yang khas. Tersedia juga beraneka jajanan kaki lima, cafe-café unik hingga restoran.

Baca Yuk:  Pesona Alam dan Keindahan Bawah Laut Pulau Menjangan Bali

Dengan perpaduan suasana Jalan Tunjungan dan wisata kuliner memberikan pengalaman yang mengesankan bagi para pengunjung. Bagi Anda yang membutuhkan jasa sewa mobil dan driver untuk berkunjung ke wisata Surabaya, kami memiliki solusinya. Silakan hubungi marketing Prioritas Sarana Transport melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.