Jember adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, yang tidak hanya dikenal karena kekayaan alamnya, tetapi juga keanekaragaman kuliner tradisionalnya. Jember menawarkan banyak pilihan kuliner yang layak untuk dijelajahi. Selain kulinernya, terdapat juga oleh-oleh khas Jember menghadirkan cita rasa yang unik dan otentik yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah referensi oleh-oleh khas Jember yang cocok untuk dibawa pulang.

  1. Suwar suwir

Suwar suwir adalah oleh-oleh khas Jember yang cocok untuk dibawa pulang. Dikutip dari laman Indonesia Kaya, suwar suwir terbuat dari bahan utama tape singkong dan dicampur dengan susu, gula, serta coklat. Cita rasa dari suwar suwir adalah manis dan legit. Sekilas suwar suwir tampak mirip dengan dodol, namun perbedannya terletak pada tekstur dari suwar suwir yang lebih keras dibanding dodol. Suwar suwir memiliki bentuk kotak-kotak kecil yang memanjang, dengan berbagai warna yang cerah seperti coklat, merah, hijau, dan putih. Terdapat beraneka ragam varian rasa seperti stroberi, coklat, vanila, pandan, hingga sirsak.

  1. Prol tape
Baca Yuk:  Rekomendasi Kuliner Wonosobo Yang Menggugah Selera

Prol tape adalah salah satu kue khas Jember dengan rasa yang lezat. Prol tape terbuat dari bahan utama tape singkong yang dicampur dengan bahan lain seperti terigu dan telur. Prol tape memiliki cita rasa yang khas yaitu manis dan asam. Terdapat beragam varian rasa dari prol tape yaitu rasa original, keju coklat, keju kismis, dan kacang kenari.

  1. Pia tape

Jember memiliki banyak makanan yang berasal dari olahan tape, beberapa diantaranya seperti suwar suwir, prol tape, dodol tape, hingga pia tape. Pia tape adalah oleh-oleh khas Jember yang terbuat dari bahan dasar tape singkong. Di Jember, Pia tidak hanya terbuat dari kacang hijau, tetapi juga terdapat varian yang menggunakan tape singkong sebagai isian. Pia tape memiliki tekstur kulit yang cukup keras dan renyah namun lembut di bagian dalam. Pia tape tersedia dalam berbagai varian rasa yaitu coklat, pisang, strawberry, blueberry, keju, dan masih banyak lagi.

  1. Tahu hwa
Baca Yuk:  Mengungkap Daya Tarik Lokawisata Baturraden Banyumas

Tahu hwa merupakan makanan olahan dari bahan kedelai yang berasal dari jember. tahu hwa terbuat dari ampas tahu dan disajikan dengan kuah jahe. Tahu hwa memiliki tekstur yang kenyal dan berwarna putih. Dikutip dari laman Perpustakaan Digital Budaya Indonesia, rasa tahu hwa sedikit pahit namun dicampur dengan kuah jahe terasa manis dan hangat.

Itulah beberapa referensi oleh-oleh khas Jember yang dapat Anda bawa pulang. Anda dapat menemukan oleh-oleh khas Jember tersebut di pusat oleh-oleh yang berada di Kota Jember. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Kota Jember dengan sewa mobil, kami memiliki solusinya. Prioritas Sarana Transport adalah jasa sewa mobil dan driver di Surabaya. Silakan hubungi marketing Prioritas Sarana Transport melalui whatsapp atau langsung hubungi nomor 0813-3285-5252.

Baca Yuk:  Menyelami Ragam Kuliner Khas Kediri

Sumber : www.traveloka.com